Brilio.net - Dunia kesehatan tidak selalu berbau dengan obat dan penyakit. Cara berpakaian seorang dokter juga sangat menarik untuk ditelaah. Pada saat memeriksa pasien, biasanya sang dokter memakai seragam berwarna putih. Lain halnya ketika melakukan operasi biasanya mereka menggunakan baju warna hijau. Bahkan penutup kepalanya juga warnanya senada.

Kebiasaan seperti ini ternyata bukan kebetulan semata. Pemilihan warna hijau ini ternyata juga bisa dilihat dari sisi sains. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengapa dokter memilih pakaian berwarna hijau dikutip oleh brilio.net dari livescience.com, Jumat (1/5). Pembahasan ini dijelaskan langsung oleh psikolog bernama John Werner dari Universitas California.

John menuturkan bahwa warna hijau membuat dokter lebih sensitif terhadap warna merah saat melakukan operasi. Mengapa membedakan warna merah itu sangat penting saat operasi? Alasannya adalah organ tubuh manusia banyak yang berwarna merah, mulai dari merah muda, merah darah, dan warna merah lainnya. Dengan warna hijau ini, sang dokter akan lebih lebih waspada karena perannya sebagai penetralisir.

Di sisi lain, jika sang dokter mengenakan pakaian warna putih, hal ini bisa menjadi penyebab kelelahan bagi mata mereka. Akibatnya, mereka bisa saja terganggu saat membedakan organ manusia yang kebanyakan berwarna merah.

Loading...