Brilio.net - Tingkah manusia memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satunya adalah bagaimana kita mengidolakan seseorang. Contohnya saja, teman kamu bisa membeli harga jam tangan idolanya dengan harga yang jauh di atas nalar. Kamu pasti sangat kaget dengan tingkah sahabatmu. Akan tetapi sahabatmu menganggap hal ini biasa saja. Ya, karena dia mendapatkan barang yang pernah dipakai idolanya.

Tingkah laku ini tidak hanya kesenangan semata atau semacam tindakan mengidolakan secara berlebihkan. Kajian fenomena ini sudah dilakukan secara ilmiah. Dua orang psikolog asal Universitas Yale, Newman dan Bloom pernah menyelidiki pelelangan barang milik artis kenamaan Marilyn Monroe dan John F Kennedy (JFK).

Seperti dikutip brilio.net dari smithsonianmag.com, Selasa (6/4), mereka percaya bahwa barang yang dilelang pernah disentuh atau dipakai oleh dua orang beken tersebut. Jadi mereka mau membayar harga yang sangat mahal untuk mendapatkannya. Bahkan ada juga yang mau membeli jaketnya JFK seharga USD 570.000. Hal seperti ini seperti sebuah hal di luar logika.

Secara ilmiah kelakuan orang-orang tersebut disebut dengan contagion. Fenomena ini dipahami sebagai pemikiran dimana kualitas jiwa idolanya bisa ditransfer ke dalam barang-barang yang sering mereka sentuh melalui kontak fisik. Jadi, dengan membeli sebauh barang, mereka percaya bahwa energi dari idolanya bisa ditransfer kepadanya.

Jadi apakah kamu sudah memahami kelakuan teman kamu yang maniak dengan idolanya?

(brl/gib)