Brilio.net - Siapa yang tidak suka dengan rasa manis? Gula merupakan hal yang sering digunakan untuk menambahkan rasa manis pada minuman atau makanan. Sebenarnya gula tidak hanya menghasilkan rasa manis.

Banyak sekali khasiat dari gula. Dikutip dari brilio.net dari lifehack.org, Selasa (24/3), gula bisa dijadikan 9 hal seperti berikut ini.

1. Obat luka bakar pada lidah
JIka kamu minum atau makan sesuatu dalam suhu tinggi bisa menyebabkan lidah kamu terbakar. Biasanya efeknya adalah mati rasa. Untuk mengobatinya, kamu cukup taburkan beberapa butiran gula dalam lidah kamu.

2. Gel untuk rambut
Untuk membuat ramuan gel rambut, kamu hanya perlu melarutkan satu sendok teh gula dalam secangkir air hangat. Celupkan tanganmu ke dalam cairan tersebut dan usapkan pada rambut. Bentuk rambutmu sesuai dengan gaya yang diinginkan.

3. Membuat lipstik di bibir tahan lama
Agar warna lipstik kamu tidak cepat memudar, cobalah taburi gula. Setalah itu oleskan sedikit air dalam bibir kamu. Dijamin lipstik kamu lebih tahan lama.

4. Gula bisa dijadikan lulur
Kamu bisa membuat lulur mandi dengan gula loh. Caranya gampang banget. Kamu tinggal masukkan gula ke dalam sabun cair. Terus bisa langsung pakai. Butiran gula mampu mengelupaskan kulit mati dan membuat kulitmu makin mengkilap.

5. Pedicure
Jika kamu ingin membersihkan kulit  yang keras pada kaki, kamu bisa menggunakan gula. Lumuri kaki kamu dengan sabun dan gula. Kemudian gosok dengan menggunakan batu.

6. Waxing
Untuk mencabut rambut yang tidak diinginkan kamu tidak perlu lagi pergi ke salon. Kamu bisa membuat ramuannya sendiri dengan gula. Untuk meraciknya kamu harus siapkan 2 cangkir gula, ¼ cangkir lemon, dan ¼ cangkir air. Kemudian masak semua ramuan tersebut. Dinginkan dan oleskan di daerah rambut yang ingin dicabut.

7. Obat luka
Percobaan ini pernah dilakukan oleh Dr. Richard Knutson. Ternyata zat antiseptik pada gula bisa mencegah infeksi pada luka. Untuk menggunakannya, kamu tinggal taburkan gula pada luka tersebut.

8. Racun pembunuh semut
Untuk menghalau semut di rumah, cukup usir dengan gula. Caranya adalah campurkan gula, air, dan borak. Kemudian, bentuk kapas seperti bola dan celupkan dalam cairan tersebut.

Sebar bola kapas tersebut di lokasi semut sering muncul. Gula dalam bola kapas akan menarik mereka, sementara borak akan membunuhnya.

9. Pengusir kecoak
Jika rumahmu banyak kecoak, usirlah hewan ini dengan gula. Namun kamu butuh campuran tepung pengembang untuk mengusirnya. Setelah tercampur, taburkanlah dimana kecoak sering muncul.

Semoga berhasil!