Brilio.net - Siapa sih yang tidak mengagumi Ir Soekarno? Pria hebat ini adalah presiden pertama Republik Indonesia yang juga pejuang kemerdekaan, proklamator, sekaligus salah satu pahlawan nasional yang paling dikagumi.

Kekaguman terhadap Soekarno tak hanya sebatas bangsa Indonesia saja, namun juga dunia Internasional juga banyak yang mengakui kehebatannya. Bahkan banyak negara-negara di luar negeri yang menggunakan nama Sukarno sebagai nama jalan.

Saking dikaguminya, Soekarno ini akhirnya banyak diapresiasi oleh para sineas. Ketokohan Soekarno sudah banyak difilmkan karena dianggap menginspirasi banyak orang. Tapi kamu tahu nggak, film apa saja dan siapa saja yang pernah bermain menjadi Soekarno?

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (10/11), berikut artis-artis keren yang sudah pernah memerankan tokoh Soekarno. Kira-kira siapa yang paling mirip? Cuma kamu yang bisa menilainya. Yuk, kita simak!

1. Mike Emperio - The Year of Living Dangerously (1982)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: moviepictures.org

Salah satu kemunculan paling awal tokoh Presiden Soekarno di film fiksi ternyata ada dalam sebuah film produksi kolaborasi Australia dan Hollywood. The Year of Living Dangerously karya Peter Weir ini mengisahkan tentang seorang wartawan Australia yang ditugaskan meliput di Jakarta ketika terjadi gejolak politik di Indonesia tahun 1965. Tokoh Sukarno yang menjabat Presiden RI pada era tersebut dimainkan oleh aktor asal Filipina, Mike Emperio, yang hanya muncul sebentar dalam dua adegan tanpa dialog.


2. Umar Kayam - Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI (1984)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: ensiklo.com

Penggambaran tokoh Soekarno di layar film Indonesia pertama kalinya muncul di film propaganda Orde Baru, Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI, yang dimainkan oleh almarhum Umar Kayam. Umar Kayam sebenarnya bukanlah seorang aktor, melainkan seorang budayawan dan seniman. Sekali pun dirinya punya pandangan berseberangan dengan presiden pertama RI itu, Umar bersedia memerankan tokoh Soekarno. Sebab dirinya adalah teman dekat sang sutradara, Arifin C Noer.

3. Martin Schwab - Soekarno Blues (1999)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: filmfestival.nl

Lagi-lagi tokoh Soekarno diangkat oleh film di luar Indonesia. Soekarno Blues adalah film fiksi karya Hans Hylkema yang tayang perdana di televisi Belanda. Tokoh Soekarno dalam film ini dimainkan oleh aktor Belanda keturunan Indonesia, Martin Schwab, yang sebelumnya juga pernah memerankan peran orang Indonesia zaman kemerdekaan di film Oeroeg.

4. Anjasmara - Pustaka Tokoh Bangsa: Sukarno (2003)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: twicsy.com

Pustaka Tokoh Bangsa adalah sebuah serial drama dokumenter yang tayang di Trans TV tentang beberapa tokoh-tokoh sejarah nasional. Konsep serial produksi sineas Garin Nugroho ini terdiri dari wawancara dengan beberapa narasumber, namun diselingi adegan rekonstruksi yang digarap dramatis seperti layaknya film, dan diperankan oleh aktor-aktris terkenal. Aktor Anjasmara dipercaya memerankan tokoh Soekarno dalam bagian rekonstruksi ulang peristiwa sejarah dalam episode Soekarno yang disutradarai Hanung Bramantyo dan Dian W Sasmita.

5. Sultan Saladin - Gie (2005)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: flickrmilesfilm

Tokoh Soekarno semakin sering muncul dalam berbagai bentuk karya fiksi selepas berakhirnya rezim Orde Baru. Kemunculan pertama Soekarno dalam era milenium di layar lebar ada di film sejarah karya Riri Riza, Gie. Dalam film tentang kisah hidup aktivis mahasiswa, Soe Hok Gie ini, tokoh Presiden Soekarno dimainkan oleh aktor Sultan Saladin. Sama seperti film lainnya, tokoh Soekarno dalam Gie juga muncul hanya sebentar sebagai pendukung latar cerita. Film Terbaik FFI 2005 ini dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Lukman Sardi.

6. Donny Damara - Tjinta Fatma (2007)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: imdb.com

Aktor dan mantan model, Donny Damara, juga pernah memerankan tokoh Soekarno. Donny mendapat peran tersebut dalam sebuah film televisi berjudul Tjinta Fatma yang tayang di Trans 7 pada tahun 2007, yang turut digarap oleh salah satu putra Soekarno, Guruh Soekarnoputra. Film ini mengisahkan tentang masa pembuangan Soekarno di Bengkulu, khususnya tentang prahara cinta antara Soekarno dengan istrinya, Inggit Ganarsih, dan gadis yang kemudian jadi istri keduanya, Fatmawati.
 

7. Imam Wibowo - Ruma Maida (2009), Soegija (2012), dan Sang Kiai (2013)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: imdb.com

Penyiar dan presenter, Imam Wibowo, memang kerap dinilai punya banyak kemiripan fisik dengan Soekarno di masa muda. Mungkin karena itulah, Imam sering mendapatkan peran sebagai Soekarno. Tak hanya satu, Imam bahkan sudah muncul sebagai Soekarno di tiga film berbeda, meskipun porsinya masih sekadar figuran.

8. Baim Wong - Ketika Bung di Ende (2013)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: twicsy.com

Ketika Bung di Ende adalah film prakarsa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang digarap oleh sutradara dan penulis Viva Westi. Film ini menceritakan masa pembuangan Soekarno bersama istrinya, Inggit Ganarsih, yang dibuang di Ende, Flores (sekarang provinsi Nusa Tenggara Timur) oleh pemerintahan kolonial Belanda sebelum kemerdekaan. Dalam film ini, Soekarno diperankan oleh aktor Baim Wong, yang dipasangkan dengan Paramitha Rusady sebagai Inggit Garnasih. Ketika Bung di Ende memang tidak ditayangkan di bioskop umum karena ditujukan sebagai media pembelajaran sejarah.

9. Ario Bayu - Soekarno (2013)

9 Artis ini pernah perankan tokoh Soekarno, siapa yang paling mirip? foto: moviemagazine.com

Soekarno, menjadi film bioskop pertama yang bercerita tentang kisah hidup Soekarno, secara khusus dari masa mudanya sampai kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Film produksi Multivision Plus dan digarap oleh Hanung Bramantyo ini memasang aktor Ario Bayu sebagai sang Proklamator.

Pemilihan Ario sebagai Soekarno memunculkan kontroversi, karena pihak konsultan sejarah dari keluarga Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri tidak menyetujui Ario memerankan sosok ayahnya tersebut. Ketidaksetujuan ini menjadi salah satu alasan Rachmawati mundur dari proses produksi film Soekarno tersebut. Namun, pihak film Soekarno tetap kukuh pada Ario karena dianggap memiliki postur yang mirip dengan Soekarno, kemampuan akting yang baik, serta cukup memiliki nilai jual.

Kamu sudah pernah nonton film yang mana aja?