Brilio.net - Orang yang nggak punya pacar biasanya disebut jomblo. Bahkan malah sampai sekarang jomblo juga banyak kategorinya lho.

Dari mulai jonathan, jubaidah, tombo, sampai dengan jones alias jomblo ngenes. Tapi, kamu tahu nggak sebenarnya dari mana sih jomblo itu berasal? Kenapa juga orang yang nggak punya pacar mesti dibilang jomblo? Mau tahu sejarah unik soal jomblo?

Ini dia beberapa versi asal-usul jomblo yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/4):

1. Berasal dari kata Jobless (bahasa Inggris: pengangguran)
Ini karena orang yang nggak punya pacar selalu nggak punya kerjaan di setiap malam minggu.

2. Berasal dari kata Combro
Kamu tahu combro? Combro itu makanan yang terbuat dari singkong yang di dalamnya berisi sambal oncom. Jomblo diduga berasal dari kata combro karena memiliki sifat yang sama seperti combro, apalagi kalau pas lihat orang lain lagi pacaran. Kelihatannya sih cuek di luar tapi di dalam hatinya panas dan pedas.

3. Berasal dari kata Jumble (bahasa Inggris: campur aduk, acak)
Jomblo berasal dari kata jumble karena menurut penelitian, seorang jomblo kalau melihat orang lain lagi pacaran, gandengan tangan mesra-mesraan, perasaannya pasti campur aduk. Beberapa jomblo bisa ditandai dengan penampilan yang acak-acakan.

4. Berasal dari kata Jompo
Ini karena di beberapa kasus ada jomblo yang terancam tetap jomblo bahkan ketika sudah menginjak usia jompo.

5. Berasal dari kata Jumbo
Jomblo diduga berasal dari pergeseran makna jumbo yang artinya besar. Hal ini diamati dari keinginan para jomblo untuk memiliki pacar kalau diukur pasti sangat besar.

6. Berasal dari kata Zombie
Jomblo disebut berasal dari kata Zombie karena dilihat dari kelakuannya yang ketika sedang galau, terlihat seperti seorang zombie. Kadang menggeram namun seperti tertahan, suara tak jelas, pandangan kosong dan sering terlihat keluyuran tanpa arah yang jelas ketika malam minggu tiba.

7. Berasal dari bahasa sunda, Jomlo
Menurut teori yang paling bisa dipercaya, kata Jomlo merupakan asal usul yang paling benar dari penggunaan kata Jomblo. Jomlo sendiri berasal dari bahasa sunda yang arti sebenarnya adalah wanita yang sudah berumur namun nggak menikah. Biasanya sih serping disebut dengan perawan tua. Kata ini pun pada akhirnya mengalami pergeseran makna, dari yang hanya ditujukan kepada wanita tua. Namun saat ini, bisa didefinisikan kepada kaum remaja yang tidak punya pacar.

Kalau kamu jomblo nggak?