Brilio.net - Hidup di dunia ini memang nggak bisa lepas dari yang namanya peraturan, entah itu di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Namun, banyak orang tetap tidak tertib meskipun paham dan tahu tentang suatu aturan tertentu.

Peraturan itu dibuat untuk dilanggar, begitulah celetukan yang sering muncul di masyarakat. Akibatnya, banyak orang malah cuek dan sengaja melanggar aturan yang ada.

Berikut brilio.net rangkum 7 peraturan yang sering dilanggar oleh sebagian masyarakat di Indonesia, Senin (16/11).

1. Datang telat

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak? foto: merdeka.com
Peraturan tentang waktu menjadi aturan yang sering sekali dilanggar. Entah itu waktu masuk kerja maupun waktu berbagai acara, jam karet serasa sudah jadi kebiasaan yang mendarah daging. Molornya pun kadang nggak cuma 1 menit atau 2 menit, tapi bisa sampai setengah jam hingga 1 jam. Hmm...

2. Parkir sembarangan

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak? foto: daniarwikan.deviantart.com
Parkir sembarangan juga jadi kebiasan buruk sebagain masyarakat Indonesia. Larangan parkir yang dipasang di suatu area serasa nggak digubris. Bahkan dengan sengaja biasanya parkir dilakukan di bawah rambu aturan itu. Wah!

3. Berhenti di zebra cross

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak? foto: bonsaibiker.com
Ini juga kebiasaan buruk beberapa masyarakat saat berkendara di jalan raya. Area pejalan kaki untuk menyeberang selalu saja dirampas. Padahal sudah menjadi pengetahuan bersama jika zebra cross adalah tempat para pejalan kaki untuk menyeberang. Nah, kamu termasuk?

4. Merokok tidak pada tempatnya

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak?

foto: kaskus.com
Bagi perokok berat, berada di tempat yang terdapat larangan merokok adalah ujian berat. Curi-curi waktu dan tempat pun bisa jadi dilakukan. Cari tempat sepi agar nggak kelihatan orang adalah salah satu hal yang sering dilakukan.

5. Nggak sabar antre

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak?

foto: samsirplagiatorzblogz.blogspot.com
Antre adalah salah satu peraturan yang juga sering dilanggar di Indonesia. Meskipun sudah banyak yang mencoba mematuhi, tapi tetap saja ada satu atau dua oknum yang mencoba melanggar dengan berbagai alasan. Bahkan pada beberapa hal seperti pembagian zakat, daging korban, dan santunan, sampai memakan korban gara-gara nggak antre. Duh...duh...!

6. Nggak mematikan atau silent handphone

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak? foto: merdeka.com
Memang ya, bisa dikatakan sudah banyak orang yang sangat kecanduan sama gadget. Saking kecanduannya, mematikannya sebentar saja beratnya minta ampun. Bahkan di tempat ibadah yang sudah jelas ada perintah untuk mensilent atau mematikan handphone saja masih banyak yang melanggar. Ibadah lho!

7. Buang sampah sembarangan

7 Peraturan penting ini sering kamu abaikan, benar nggak? foto: brilio.net/Romdlon
Nah, ini juga hal yang sering banget dilakukan oleh sebagian orang Indonesia. Membuang sampah pada tempatnya nampaknya lebih berat dilakukan meskipun ada tempat sampah di dekatnya. Coba deh bayangkan jika ada seseorang yang dengan asal buang sampah di depan rumahmu, nggak terima kan? Makanya jangan buang sampah sembarangan!

Nah, itu tadi 7 pelanggaran yang sering dilakukan di Indonesia. Kamu sadari atau nggak, semua itu pasti sering kamu lakukan atau lihat. Jadi mulai dari sekarang berjanjilah kamu nggak akan melakukannya lagi!