Brilio.net - Kita semua tahu bahwa makanan segar adalah yang terbaik, tetapi ada kalanya makanan beku bisa lebih baik. Eits kok bisa? Jangan salah, karena ada manfaatnya lho, kalau bahan makanan bisa dibekukan dengan disimpan dalam freezer.

Nggak hanya memperpanjang masa simpan tapi juga bisa meningkatkan cita rasa makanan itu sendiri. Tapi tetap memerlukan perlakuan yang berbeda lho ya, nggak asal masukkin ke freezer aja.

Apa saja bahan makanan yang bisa dibekukan? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber tentang makanan yang bagus bila dibekukan, Minggu (19/4):

1. Susu

7 Makanan ini ternyata bertambah lezat sesudah dibekukan

Loading...

Susu memiliki masa simpan yang cukup pendek, paling lama bisa disimpan selama enam minggu di freezer. Sebelum menyimpan susu, tuang dulu sedikit susu dari wadah. Tujuannya untuk memberi ruang bagi susu untuk mengembang. Sebelum digunakan, pindahkan dulu susu dari freezer ke bagian tengah kulkas selama satu atau dua hari. Kocok dulu sebelum diminum untuk mencegah gumpalan susu terminum. Dengan membekukan susu seperti ini bisa membuat susu dinikmati lebih lama.

2. Telur mentah

7 Makanan ini ternyata bertambah lezat sesudah dibekukan

Telur mentah, seperti halnya bahan lain yang mengandung air dalam jumlah signifikan, akan mengembang ketika dibekukan. Jika telur dibekukan dengan cangkangnya, maka isi telur yang mengembang akan membuat telur menjadi pecah. Selain membuat pecahan-pecahan kulit telur bercampur dengan isi telur yang bisa dimakan, telur yang pecah akan membuat bakteri yang membahayakan dari luar masuk ke dalam cangkang telur.

Untuk membekukan telur mentah utuh kamu bisa memulai dengan memecahkan telur ke dalam mangkuk besar atau wadah lain. Kocoklah semua telur dengan perlahan dan disarankan untuk menambahkan bahan lain untuk mencegah gumpalan seperti garam kalau telur nanti akan dimasak jadi hidangan asin. Lalu saringlah telur yang sudah dikocok agar diperoleh cairan yang merata. Baru deh setelah itu kamu masukkan ke dalam wadah aman pembeku lalu bekukan di freezer. Oiya, jangan lupa untuk memberi label pada wadah dengan keterangan seperti tanggal saat membekukan telur, jumlah telur yang dibekukan dan bahan tambahan yang digunakan.

3. Buah

7 Makanan ini ternyata bertambah lezat sesudah dibekukan

Buah beku masih tetap bergizi karena kandungan vitaman nggak berkurang selama pembekuan. Buah-buahan dapat digunakan membuat makanan yang lebih sehat, seperti smoothies dari buah stoberi beku yang lebih sehat. Bahkan kamu juga bisa memasaknya langsung dari keadaan beku karena buah dapat mencair dengan cepat. Kelebihan buah-buahan dapat dibekukan, meskipun mungkin nggak lebih bergizi dari produk beku, yang dibekukan beberapa jam setelah dipetik buah beku dapat disimpan selama 6-8 bulan dengan dikemas tersendiri. Sebaiknya pilih buah-buahan yang hanya dibekukan tanpa tambahan apapun.

4. Sayuran

7 Makanan ini ternyata bertambah lezat sesudah dibekukan

Sama halnya dengan buah beku, sayuran beku juga memiliki nutrisi dan manfaat yang sama dengan sayur dan buah segar.

Buah-buahan dan sayuran beku berasal dari sayur dan buah segar yang dibekukan pada masa puncak nutrisi. Nggak hanya punya kesegaran yang sama dengan buah dan sayur yang baru dipetik, buah dan sayuran beku juga jadi nggak cepat rusak.

Sayuran yang bisa dibekukan adalah sayuran yang belum dimasak karena mudah hancur teksturnya saat dipanaskan kembali. Selain itu, sebaiknya hindari yang mengandung tambahan sirup dan gula, serta hindari sayuran yang menggunakan bumbu, termasuk saus. Sayuran juga dapat dibekukan secara utuh tapi untuk lebih memudahkan saat kamu memasak, siapkan sayuran yang benar-benar akan kamu masak lalu simpan dalam kantong plastik atau zip lock bag.

5. Roti

Roti lebih baik dibekukan daripada disimpan dalam lemari es karena bisa jadi kering dan basi. Selain itu, roti cenderung untuk bisa bertahan lebih lama, seperti halnya roti gulungan, muffins dan kue-kue pastry. Jika mengiris roti sebelum dibekukan, maka dapat langsung dipanggang. Roti dapat langsung dipanggang dari beku. Penyimpanan roti pada freezer bervariasi lamanya sesuai dengan jenis roti.

Roti panggang yang dibeli atau roti coklat dan putih buatan sendiri akan awet sampai 6 bulan, roti dengan susu, buah, dan roti gandum awet hingga 3 bulan. Roti dengan kerak renyah tahan selama 2 minggu, setelah ini kerak cenderung lembek karena mencair. Nggak hanya roti, kue juga bisa dibekukan tapi harus segera dikonsumsi setelah 24 jam di dalam freezer beku. Kue yang dibekukan ternyata bisa meningkatkan kelembaban sehingga kue terasa lebih lembut dan creamy.

6. Daging mentah

Daging yang belum dimasak, pastinya akan bertahan lebih lama di freezer. Jangka waktu 8 sampai 11 bulan adalah waktu terlama untuk menyimpan daging mentah. Walaupun diolah jadi masakan apapun, tekstur, rasa, dan gizi makanan akan berbeda jika disimpan terlalu lama. Tapi tetap perhatikan cara menyimpan daging ya karena salah menyimpan daging malah bisa membuat daging cepat busuk. Solusinya, bungkus daging di freezer bag atau kantong plastik khusus dengan rapat. Pastikan juga nggak ada udara di dalam kantong sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

7. Rempah herbal

Menyimpan rempah-rempah secara beku adalah cara yanga baik mempertahankan kelembaban rempah-rempah dan demi menjaga rasanya. Herbal seperti jahe, lengkuas, dan serai sering nggak digunakan dalam jumlah besar. Untuk itu dengan membekukannya bisa jadi cara baik jangka waktu 4-6 bulan. Kamu bisa memotongnya kecil-kecil atau malah diparut secara langsung sebelum membekukannya. Bumbu basah juga bisa dibekukan dan dapat bertahan 1 2 bulan jika sebelum di simpan terlebih dahulu di cuci bersih, kemas dalam plastik atau tempat kedap udara dan masukan dalam freezer.