Brilio.net - Negeri ini kaya dangan makanan yang super. Salah satunya adalah umbi. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari manfaat sumber pangan yang satu ini. Banyak dari kita yang tahu bahwa umbi ini hanya bisa dijadikan keripik atau olahan lainnya yang tidak begitu populer. Padahal, zat yang terkandung dalam umbi sugguh luar biasa.

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam umbi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kamu dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/4).

1. Pencegah stres

Kandungan magnesium dalam umbi bisa menjadikan tubuh kamu rileks. Karena zat ini masuk dalam kategori mineral pencegah stres. Selain itu, magnesium juga sangat penting untuk otot, tulang, dan jantung.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Kaya akan vitamin D

Vitamin jenis ini sangat penting dalam menjaga sistem daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin D mempunyai peranan penting dalam meningkatkan energi dan mood. Di sisi lain, vitamin ini membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

3. Mengandung zat besi

Kandungan ini sangat bagus untuk produksi sel darah merah dan juga sel darah putih. Selain itu, zat besi juga membantu metabolisme protein dalam tubuh.

4. Sumber vitamin C

Fungsi dari vitamin C membantu tubuh kamu untuk menangkal virus. Selain itu, vitamin ini juga memainkan peranan penting dalam menyembuhkan luka dan sumber zat kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap awet muda.

5. Kandungan karoten

Warna dari umbi juga menunjukkan bahwa sumber pangan ini mengandung karoten. Zat ini berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru berdasarkan riset dari Universitas Harvard. Selain itu, kandungan karotin pada umbi juga bisa mencegah wanita dari serangan kanker payudara.

6. Kaya akan serat

Tingginya serat pada umbi sangat bagus untuk pencernaan kamu. Selain itu, serat juga bisa mencegah usus kamu mengalami peradangan. Serat menjauhkan risiko terkena batu empedu, batu ginjang, dan iritasi pada usus.

7. Vitamin B6

Manfaat vitamin B6 adalah untuk membantu sistem tubuh berjalan dengan lancar. Zat ini juga sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, otot, dan fungsi saraf. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan otak yang mendorong hormon serotonin dan nerpinefrin. Kedua hormon tersebut sangat berkaitan dengan suasana hati seseorang.