Brilio.net - Permainan bola basket merupakan olahraga yang digemari banyak kalangan dan usia. Bagi pemain basket, bermain basket berarti memasukkan bola ke ring untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya. Benarkah hanya sebatas itu?

Kali ini brilio.net bakal mengulas pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari bermain basket, seperti dikutip dari lifehack.org, Rabu (25/3). Cekidot!

1. Pemahaman bermain secara tim
Permainan basket merupakan permainan tim. Kamu akan belajar caranya berkoordinasi dengan teman satu tim. Selain itu, belajar untuk mengelola emosi ketika mengutarakan pendapat yang bisa saja tidak seirama dengan anggota yang lain.

2. Paham bahwa akan terjadi kesalahan
Kamu tidak selalu benar. Bahkan ketika kamu bermain basket. Kadang kamu bisa mencetak poin banyak sekali, kadang juga nol besar. Sebagai pemain basket kamu akan belajar memahami bahwa segala hal membutuhkan proses. Bahkan ketika kamu melakukan kesalahan, kamu berusaha sadar bahwa hidup harus terus lanjut sebagai proses belajar itu sendiri.

3. Belajar dari prinsip 'offense' dan 'defense'
Beberapa orang mengatakan permainan basket itu gampang. Tapi faktanya, permainan ini membutuhkan kemampuanmu untuk mencegah lawan membobol poin di ring-mu. Selain itu, melatihmu lihai membaca peluang untuk mencetak poin di ring lawan. Secara umum, kamu akan belajar memanfaatkan peluang tapi di sisi lain juga belajar untuk mampu memperjuangkan pendapatmu.

4. Tahu bahwa segala sesuatu itu butuh usaha
Sebuah kemenangan pertandingan itu tergantung pada seberapa banyak kamu mampu mencetak poin dalam waktu yang telah ditentukan ketimbang tim lawan. Jumlah poin itulah yang menunjukkan kesuksesanmu berusaha memenangkan tim-mu dalam pertandingan.

5. Permainan basket bisa menjadi sebuah terapi
Sekali kamu bermain basket, maka otakmu akan terbebas dari kecemasan. Pada dasarnya, olahraga sendiri bisa memperbaiki mood-mu yang kacau. Dan basket bisa menjadi alternatif pengusir bad mood, lho.

6. Memahami perbedaan
Permainan bukan untuk men-judge kamu berdasarkan kesalahan yang telah kamu buat selama ini. Permainan basket tidak akan sibuk membahas apa yang sudah terjadi, melainkan merumuskan strategi untuk memenangkan pertandingan. Dan hal ini membutuhkan kesiapanmu untuk berpartisipasi aktif. Jadi, tidak peduli kamu sudah melakukan kesalahan atau tidak, pastilah kamu diharapkan untuk tetap berkontribusi dalam pertandingan.

7. Paham bahwa basket bukan sekadar permainan
Permainan basket bisa merangkul banyak kalangan dan usia. Bukan hanya dari sisi penonton atau para penggemar. Bahkan mencakup official crew tim-mu sendiri atau bisa jadi pihak televisi swasta yang menyiarkan program pertandingan basket yang kamu ikuti. Semuanya bisa terkoneksi dan membentuk jalinan pertemanan yang baru dan menyenangkan. Pasti banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari bermain basket.

Gimana? Selalu ada makna yang bisa dipelajari dari sesuatu kan? Belajar tidak harus di bangku sekolah atau kuliah. Kehidupan sehari-hari, bahkan pertandingan olahraga saja bisa memberikan pelajaran untuk kita. So, happy learning ya, guys!