Brilio.net - Jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Terlebih jika banyak jerawat pada wajah yang bermunculan. Kamu pasti jadi nggak pede kan?

Untuk menghindari jerawat, banyak orang yang membatasi makanan. Kemudian, diikuti dengan perawatan ekstra. Bahkan ada juga yang harus membersikan muka dengan banyak produk. Tapi apakah kamu sudah memahami semua hal yang berkaitan dengan jerawat?

Berikut adalah fakta-fakta yang berkaitan tentang jerawat seperti dikutip brilio.net dari health.com, Rabu (24/4):

1. Kamu tidak perlu sering membasuh muka untuk menghilangkan jerawat
Ketika kamu terlalu sering membersihkan wajah dengan air, hal ini akan mengakibatkan kulit kamu semakin kering. Karena wilayah wajah kamu kering, maka kulit akan memproduksi minyak untuk mengimbanginya. Hal inilah yang bisa menyumbat pori-pori sehingga jerawat makin buruk.

2. Jangan memencet jerawat
Untuk menghilangkan jerawat, biasanya kita sering memencetnya. Padahal hal ini tidak dianjurkan. Memencet jerawat akan mengakibatkan peradangan pada jerawat hingga berakibat infeksi.

3. Stres juga bisa menyebabkan jerawat
Kondisi kejiwaaan seseorang juga bisa mempengaruhi pertumbuhan jerawat pada wajah. Apalagi jika kamu sering stres. Jerawat pasti akan muncul lebih banyak. Berdasarkan penelitan dari Fakultas Kedokteran Universitas Wake Forest, remaja yang stres terkena jerawat 23% lebih banyak. Jerawat yang hihasilkan akibat stres adalah bentuk penyeimbangan horman dalam tubuh.

4. Makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi pertumbuhan jerawat
Banyak orang yang tidak percaya bahwa apa yang masuk ke dalam perut mempengaruhi jerawat. Berdasarkan penelitian, ada hubungan yang signifikan antara makanan dan jerawat. Jadi sebaiknya kamu juga harus mengatur pola makan untuk mencegah timbulnya jerawat.

5. Jerawat hanya timbul pada anak remaja?
Orang sering mempercayai bahwa tumbuhnya jerawat merupakan proses seseorang anak menuju fase remaja. Padahal kenyataannya tidak sama sekali. Riset yang diterbitkan pada Journal of the American Academy of Dermatology menungkap bahwa 50% dari wanita yang berumur antara 20-29 tahun juga berjerawat. Hal ini juga terjadi pada wanita yang berumur antara 40-49 tahun yang juga masih bisa jerawatan.

6. Make up juga merupakan penyebab jerawat
Make up yang kamu pakai setiap harinya juga bisa menimbulkan jerawat. Jika kamu menggunakan make up yang berbentuk bubuk, hal ini bisa menyumbat pori-pori kamu. Alhasil, jerawat bermunculan di wajah kamu. Jika kamu menggunakan bedak cair, pastikan bukan mengandung zat comedogenic.

7. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah mitos
Memang kandungan baking soda dan triclosan pada pasta gigi bisa mengeringkan jerawat. Akan tetapi pasta gigi tidak diperuntukkan untuk kulit. Jika kamu memakai pasta gigi untuk mengobati jerawat, hal ini bisa mengakibatkan iritasi.