Brilio.net - Banyak orang tidak tahu bahwa buah simalakama memang benar yang ada di dunia ini. Bukan hanya sekedar ungkapan yang sering dilontarkan oleh orang saat terjepit di situasi yang serba salah.

Selain itu, buah ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah 7 fakta tentang buah simalakama yang banyak orang tidak tahu, seperti dikutip oleh brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/3):

1. Buah asli Papua

Buah yang bernama latin Phaleria papuana ini berasal dari tanah Papua. Meskipun begitu, buah ini juga bisa ditemukan di daerah lain, di beberapa derah di Pulau Jawa bahkan sampai wilayah Melayu.

2. Memiliki banyak nama

Loading...

Banyak orang menyebut buah ini dengan nama Mahkota Dewa. Di Pulau Jawa sendiri, banyak orang yang menamai buah ini dengan sebutan Makutadewa, Makuto Mewo, Makuto Ratu.

3. Dari mana asal nama 'simalakama'?

Sebuah sumber yang mengatakan bahwa nama simalakama berasal dari bahasa Arab, malak-ul-maut. Artinya adalah malaikat pencabut nyawa. Hal ini dikarenakan buah ini bisa menyebabkan nyawa melayang jika salah dalam mengolahnya. Akan tetapi, di daerah Melayu sendiri, buah ini memang disebut buah simalakama.

4. Obat disentri

Untuk mengobati disentri, rebuslah kulit buah yang sudah dikeringkan dengan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih kemudian dinginkan. Setelah itu baru kamu minum. Setelah dua hingga tiga hari kamu konsumsi ramuan tersebut, penyakit disentri bisa disembuhkan.

5. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian, buah simalakama bisa menghambat pertumbuhan kanker sampai dengan 50%. Hal ini diuji pada sel kanker leukemia. Kandungan tanin dalam buah ini juga sangat ampuh untuk mencegah tumor.

6. Memperlancar menstruasi

Kandungan alkaloid dalam buah simalakama mampu memperlancar haid. Selain itu zat tersebut juga memacu otot rahim dan sangat bagus untuk persalinan.

7. Jangan dimakan mentah

Jangan pernah mencoba mengonsumsi buah ini dalam keadaan mentah. Hal ini bisa mengakibatkan keracunan. Gejalanya seperti bengkak dan sariawan.