Brilio.net - Guys, ada kalanya kamu ingin berada di tengah keramaian bersama teman-teman. Rasanya pasti bahagia banget bisa berkumpul bersama mereka. Tapi pernah dong merasa butuh waktu menyendiri alias "me time"? Merasa ingin merenung sendiri tanpa perlu merepotkan orang lain.

Mengambil waktu untuk menyendiri sementara waktu ternyata diperlukan, lho. Alias ada manfaatnya. Mau tahu apa aja? Berikut brilio.net kasih tahu, seperti yang dikutip dari femalenetwork.com, Sabtu (4/4).

1. Kamu lebih kreatif

Ketika kamu sendirian, kamu akan merasa bebas untuk berpetualang. Dengan begitu, kamu memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan ide-ide atau wawasan baru. Nggak heran dong, penulis sekaliber Ernest Hemingway sangat mencintai kesendirian.

2. Membuat kamu bisa mengambil keputusan terbaik

Loading...

Nggak jarang orang yang justru nggak bisa mikir sesuatu di tengah keramaian. Terlebih ketika kamu menghadapi suatu masalah. Sebab kalau bersama orang lain, mau nggak mau memberikan interfensi, baik dari sisi pro maupun kontra. Sayangnya, justru bikin kamu tambah bingung. Maka dari itu, kesendirian dibutuhkan sehingga kamu bisa berpikir jernih dan mengambil keputusan terbaik.

3. Mereviu tujuan hidupmu

Ketika kamu sibuk dengan pekerjaan, sibuk dengan teman-temanmu, pernah nggak pada satu titik merenung dan bertanya: selama ini aku sudah ngapain aja? Mungkin kamu terpikir tapi hanya sesaat. Nah, dengan mengambil waktu menyendiri dan menepi, kamu memiliki banyak waktu untuk mengevaluasi semua yang telah kamu lakukan dan merencanakan apa yang akan kamu kerjakan. Inilah waktu yang disebut kontemplasi diri.

4. Kamu menjadi lebih mandiri

Nggak selamanya kamu bisa bergantung sama orang lain. Jadi, kapan pun dan di mana pun, latihlah diri untuk mengerjakan semuanya sendiri. Dengan begitu kamu tertempa menjadi pribadi yang tangguh.

5. Kamu bisa merasa nyaman dengan ketidaknyamanan

Kebanyakan orang takut sendirian dan kesepian. Hal inilah yang membuat mereka nggak nyaman. Tapi kalau kamu terbiasa sendirian untuk merenung, kamu nggak akan merasa merana. Dengan melakukan aktivitas sendirian, kamu bisa lebih rileks ketika sudah jenuh beraktivitas di luar selama seharian.

6. Kamu bisa lebih menghargai diri sendiri

Terlalu gaul dengan banyak orang, bisa memicu problematika tersendiri. Apalagi kalau gaya gaulnya melebihi kapasitasmu. Misal temanmu bisa beli ponsel android one, punya pacar mapan yang bekerja di perusahaan multinasional, bisa keliling Indonesia dan dunia, dan bla bla bla. Nah, dari sini bikin kamu iri dan selalu mengkritik diri sendiri: kenapa semua itu nggak gue miliki? Nah, dengan kamu rajin mengambil 'me time', kamu bisa lebih merenung kembali bahwa banyak nikmat Tuhan yang sudah kamu dapat. Kamu nggak akan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu benar-benar mensyukuri apa adanya dirimu.

7. Kamu juga menghargai orang lain dalam kehidupanmu

Dalam kehidupan bermasyarakat, kamu nggak hanya berinteraksi dengan anggota keluarga saja, tapi juga bisa tetangga, teman, dan anggota masyarakat yang lebih luas. Jadi, maksud menyendiri di sini tak melulu kamu benar-benar mengasingkan diri dengan mengunci pintu kamar. Menyendiri berarti kamu terlepas sementara dari kehidupanmu sehari-hari untuk pergi mencari lingkungan baru. Di lingkungan tersebut, kamu akan mendapatkan wawasan dan pengalaman baru dari orang-orang asing yang kamu temui.

Well, guys, kalau kamu sudah mulai bete sendiri dan segala hal terasa menjadi menjengkelkan, sepertinya kamu butuh rehat sejenak. Butuh piknik. Butuh menyendiri sementara. Recharge energi bisa bikin kamu lebih semangat dalam menjalani kehidupan. Semangat!