Brilio.net - Kita selalu mendengar ungkapan "tertawa adalah obat terbaik". Namun sangat sedikti dari kita tahu bahwa ungkapan ini sudah terbukti benar secara medis. Memiliki rasa humor yang baik dan kemampuan untuk tertawa dapat bermanfaat bagi kesehataan kamu secara fisik, emosional dan bahkan kehidupan sosial.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mengembangkan rasa humor, seperi yang dilansir brilio.net, Senin (23/3) dari lifehack:

1. Tertawa erat kaitannya dengan fungsi sehat pembuluh darah

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Tertawa memicu pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

"Bisa dibayangkan bahwa tertawa mungkin penting untuk menjaga endotel yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata peneliti Michael Miller.

2. Meningkatkan kesehatan emosional

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Tawa dan humor memicu sel otak untuk melepaskan dopamin, yang membantu otak untuk memproses respon emosional dan meningkatkan pengalaman kesenangan; serotonin, yang mengangkat suasana hati dan endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia.

3. Memainkan peran penting dalam interaksi sosial

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Tertawa memainkan peran penting dalam mengatur percakapan antar manusia dan juga mempunya dampak signifikan dalam memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu. Rasa humor adalah penting dalam komunikasi interpersonal dan daya tarik. Bahkan para ahli berpendapat bahwa tertawa dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga.

4. Tertawa dapat membuat kamu lebih atraktif dan menarik

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan selera humor yang baik akan lebih menarik dihadapan wanita maupun lingkungannya. Pria lebih tertarik pada wanita yang menertawakan lelucon mereka. Dengan memiliki rasa humor akan membuat kamu lebih nyaman berada di dalam situasi sosial, seperti saat berpesta, yang memungkinkan kamu untuk memperluas lingkaran sosialmu.

Fakta lainnya, jika kamu memiliki rasa humor yang baik saat wawancara kerja akan meningkatkan peluang kamu untuk bisa diterima.

5. Tertawa dapat menurunkan stres dan tingkat kecemasan

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Humor digambarkan sebagai unsur ketahanan dan dapat memungkinkan kamu untuk menempatkan masalah sehari-hari dalam perspektif, meningkatkan kemampuanmu dalam mengatasi situasi sulit. Dengan rasa humor yang kamu miliki, dapat mencegah efek buruk dari stres terhadap kesehatan dan mengubah suasana hati dari emosi yang negatif menjadi lebih positif. Hal ini juga membantumu untuk melihat sisi lucu dalam situasi yang mencemaskan sekalipun.

Tawa adalah sesuatu yang menular, jadi mengapa tidak membantu meningkatkan suasana hati sesorang dengan tertawa dengan mereka?

6. Tertawa memperkuat sistem kekebalan tubuh

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Stres adalah sumber penyakit dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung. Rasa humor yang baik mencegah stres dari mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan melindungi kamu dari berbagai jenis penyakit.

7. Tertawa bermanfaat bagi sistem pernapasan

7 Alasan ilmiah kenapa kamu harus lebih banyak tertawa

Laughter provides the fastest and easiest method of regulating breathing and flushing out the lungs. Hal ini menyebabkan peningkatan langsung antara denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen.

Saat kamu tertawa memungkinkan paru-paru untuk bernapas lebih dalam. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan pernapasan terutama bagi mereka dengan penyakit pernapasan seperti asma.