Brilio.net - Pengalaman memang guru yang sangat berharga. Ungkapan ini memang tidak lekang oleh zaman. Akan tetapi, tidak sedikit pengalaman yang kamu dapatkan dari hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan memalukan. Meskipun tidak enak, tapi coba deh, kamu hadapi hal-hal yang memalukan itu dengan santai. Biar kamu tidak stres.

Berikut adalah 6 hal memalukan yang mungkin saja sering kamu alami, seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (22/3).

1. Putar Balik Arah
Seberapa sering kamu putar balik arah di jalan? Karena keasyikan ngobrol dengan gebetan, kamu bisa kelewatan tempat tujuan. Alhasil kamu harus putar balik untuk kembali ke jalan yang benar. Apalagi kalau nyasar, kamu pasti melakukan cara ini juga. Tenang saja, orang-orang di jalanan tidak tahu kalau kamu putar balik. Jadi mengapa risau? Nikmati saja perjalananmu.

2. Pesan dua porsi makanan untuk disantap sendirian
Bayangkan saja kamu sedang ada di sebuah warung bakso paling enak. Dan kamu sudah lima bulan tidak menyantapnya. Singkat kata, kamu lagi ngidam tingkat dewa. Tanpa pikir panjang kamu langsung pesan dua porsi. Jika kamu melakukan hal ini, kamu harus siap-siap dengan ekspresi kaget yang ditunjukkan pelayan.

Memang memalukan sih, tapi apa mau dikata? Biar tidak kelihatan makin aneh, pura-pura saja kamu telpon. Berakting seolah-olah teman kamu telat datang, terus kamu yang harus memesan baksonya. Selamat mencoba!

3. Salah menyapa orang
Hal ini biasanya sering terjadi di tempat-tempat umum. Seperti festival, konser, pusat perbelanjaan, atau kampus. Salah fokus memang penyebab kamu melakukan hal ini. Seakan-akan kamu melihat teman atau orang yang kamu kenal, sehingga mencoba melambaikan tangan.

Tapi saat mereka tidak membalasmu, kamu mulai mengernyitkan kening. Sudah kepalang tanggung menyapa bahkan pakai teriak, eh, ketika menoleh justru orang lain. Kamu pasti membatin, "Mau ditaruh mana muka saya?!". Tapi, it's okay, pasanglah senyuman lebar biar tidak malu parah.

4. Hanya melihat-lihat tidak membeli
“Ada warna yang lain untuk baju ini lho, Kak,” sapa sang penjaga toko. Kalau sudah ada ucapan seperti itu pertanda bahwa sang pemilik butik memperhatikan gerak-gerikmu sudah lama. Hal ini bisa gawat, apalagi yang kamu cari adalah diskon. Jangan panik dulu. Bilang saja sama penjaganya kalo ukurannya tidak cocok dengan tubuh kamu. Aman terkendali, bukan?

5. Lupa menutup ritsleting
Jika orang menatapmu, bukan berarti mereka tertarik sama kamu. Bisa jadi kamu lupa menutup ritsletingmu. Hal itulah yang menarik perhatian mereka. Bahayanya lagi kalau kamu telat menyadarinya. Pastikan kamu telah menutup semua kancing dan atau ritsleting pakaianmu sebelum keluar rumah atau toilet ya, guys!

6. Salah kostum
Pernah membayangkan perasaan seekor zebra yang masuk dalam kerumunan gajah? Perasaan itu sama ketika kamu salah kostum di sebuah acara. Pasti kamu lebih memilih untuk langsung pulang karena pakaian yang kamu kenakan salah.

Tapi kalau kamu tahan banting untuk malu, dongakkan kepalamu, tatap ke depan, dan berjalanlah tegap penuh percaya diri. Bukankah lebih penting mengenakan pakaian ketimbang sama sekali tidak berpakaian, bukan?

Nah, walaupun memalukan, kekeliruan yang tidak kamu sengaja itu bisa jadi cerita lucu pada masa tua, lho. Bukankah kenangan itu tidak melulu harus yang menyedihkan atau menggembirakan? Bisa jadi hal konyol pun bisa menjadi kisah yang mewarnai kehidupan kita. Let's be have fun, guys!