Brilio.net - Begitu mendengar kata "India", apa coba yang terlintas di pikiranmu? Rata-rata pasti akan berpikir tentang produksi film Bollywood dengan artis-artis berbakat seperti Shahruk Khan, Kajol, Preitty Shinta, dan artis-artis terkenal lainnya.

Tapi India ternyata nggak hanya terkenal dengan industri filmnya aja lho! Dalam hal kuliner pun, hidangan asal India ternyata bisa membuat lidahmu "bergoyang" karena kenikmatannya yang tiada tara. Nggak percaya? Kamu harus mencobanya sendiri.

Berikut ini enam fakta tentang kuliner India, seperti dirangkum brilio.net dari Boldsky, Senin (21/9).

1. Kuliner India terbagi dalam tiga kategori

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Loading...

Kuliner dari negara yang terkenal dengan produksi film Bollywood ini memiliki tiga kategori penting yang tak akan pernah dilewatkan oleh masyarakat lokal India. Ketiganya yaitu, Saatvic di mana makanan yang disajikan berupa sayur-sayuran dan jus segar. Raajsic, makanan berminyak serta rasa yang pedas. Terakhir, ada kategori Taamsic, di mana kamu bisa menikmati daging yang yummy serta minum minuman beralkohol.

2. Enam rasa

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Warga India pasti paham betul bagaimana membuat makanan dengan cita rasa istimewa yang khas. Salah satunya adalah dengan menggunakan enam macam rasa pada kulinernya, mulai dari manis, asam, asin, pedas, pahit dan sepat. Meskipun begitu, keenam cita rasa tersebut tidak disajikan semuanya dalam satu hidangan.

3. Kaya rempah

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Kamu yang pernah menyantap hidangan khas India pasti akan menyadari bahwa hampir atau bahkan semua menu hidangan kuliner India selalu kaya akan rempah-rempah. Nggak heran sih, India selama ini terkenal sebagai negara penghasil rempah terbanyak di dunia. Nggak cuma menghasilkan cita rasa yang bikin kamu merem melek saking enaknya, tapi juga bermanfaat untuk kesehatanmu.

4. Pemanis asli India

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Tahukah kamu kenapa makanan serta minuman asli India selalu dikenal dengan cita rasa yang khas? Ini karena sejak zaman dahulu, tepatnya sebelum bangsa Portugis membawa gula ke India, masyarakat lokal menggunakan madu dan buah-buhan untuk menciptakan rasa manis pada masakannya. Walaupun sekarang tergantikan dengan gula, tapi beberapa orang asli India mengaku masih menggunakan resep turun temurun ini untuk membuat makanan bercita rasa asli India.

5. Ayam Tikka Masala

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Nggak ada restoran India yang nggak menyajikan menu ayam Tikka Masala sebagai menu favoritnya. Hidangan ini memang telah lama menjadi salah satu hidangan asli India paling populer, bahkan sampai ke seluruh dunia. Apalagi kalau kamu memakannya dengan chapati atau naan serta cutney dan salad hijau, aahh...lezaattt!

6. Ternyata bukan asli India

6 Fakta tentang kuliner India yang bikin ngiler ingin mencicipi

Walaupun sangat populer di India, sebenarnya resep makanan sejenis Tikka Masala atau hidangan populer lain seperti Samosa dan Saffron bukan makanan asli India, melainkan diciptakan di Glasgow, Skotlandia.