×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Fakta menakjubkan tentang air liur

View Image

0

BRILIO » Life

6 Fakta menakjubkan tentang air liur

Air liur secara ilmiah memiliki zat histatin yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

26 / 05 / 2015

Brilio.net - Membahas air liur atau ludah tentunya sudah familiar dengan semua orang. Air liur atau saliva merupakan cairan yang berada di mulut yang dihasilkan dari kelenjar air ludah. Beberapa orang mungkin menganggap ludah adalah sesuatu yang menjijikan, namun secara ilmiah ada beberapa manfaat dari ludah yang belum banyak diketahui orang.

Siapa sangka, ternyata ludah yang berada di dalam mulutmu memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut lima manfaat ludah seperti yang dilansir brilio.net dari The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi, Selasa (26/5).

1. Mencegah kerusakan gigi
Air liur mengandung polin. Polin merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Polin bagian dari protein yang berfungsi untuk melindungi enamel gigi. Sehingga, dengan keberadaan polin, maka kerusakan gigi seperti gigi berlubang dan sebagainya dapat dihindari.

2. Untuk menghilangkan jerawat
Mungkin manfaat yang kedua ini sulit dipercaya, namun air liur memang ampun untuk obat jerawat. Caranya sederhana, air liur digunakan sebagai masker selama tiga kali.

3. Mampu menyembuhkan luka
Semasa kecil jika tanganmu terkena sayatan pisau dan berdarah, biasanya secara otomatis kamu mengisap tanganmu yang terluka itu. Nah, air liur secara ilmiah memiliki zat histatin yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Histatin merupakan zat yang diperoleh dari protein yang dihasilkan air liur. Luka akan lebih cepat sembuh jika terkena histatin sebab histatin mampu membunuh bakteri pada luka, sehingga menghindari infeksi.

4. Melindungi lambung
Air liur mengandung mukosa yang terdiri dari mukopolisakarida dan glikoprotein. Zat ini berupa enzim anti bakteri yang mampu melindungi lambung dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan.

5. Membantu proses pencernaan
Air liur sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan. Air liur berperan untuk menggerakkan makanan dari mulut menuju tenggorokan, hingga akhirnya menuju lambung.

6. Mendapatkan sel DNA
Meskipun air liur air liur tidak mengandung sel DNA, namun dari air liur sel-sel lapisan mulut dapat diperoleh melalui air liur.

Melihat fungsi dari air liur yang begitu bermanfaat ini, maka mulai dari sekarang kamu harus peduli ya dengan produksi air liurmu.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more