Brilio.net - Bau badan itu memang ngeselin. Selain mengganggu penciuman, bikin kita serba salah dan nggak nyaman.

Lalu, bagaimana caranya biar kece bebas bau badan? Berikut tipsnya seperti dikutip brilio.net dari webmd.com, Jumat (17/4):

1. Selalu bersih diri

Jangan pernah malas mandi, guys! Kalau kamu nggak mandi, terus badan kamu berkeringat, keringat dan bakteri  mikroskopis yang hidup di kulitmu akan berkonspirasi menimbulkan bau nggak sedap. Mandilah setidaknya satu kali sehari. Selain mandi membuat segar, mandi bisa membebaskan kamu dari keringat dan bakteri tersebut.

2. Pakai sabun antibakteri

Loading...

Kalau belanja sabun mandi, pastikan sabun antibakteri. Sabun ini akan membantumu mengusir keringat dan bakteri itu. Dengan begitu, bau badanmu juga bisa teratasi.

3. Pergunakan handuk dengan tepat

Setiap setelah mandi, pastikan badanmu sudah kering sepenuhnya dengan menggunakan handuk. Dengan kondisi tubuh kering atau nggak lembab, membuat bakteri kulit sulit berulah menyebabkan bau badan.

4. Pakai deodoran atau antiperspirant

Setelah mandi pakai deh, deodoran atau antiperspirant di ketiak kamu. Deodoran memang nggak mencegah berkeringat, tapi mereka menutupi bau bakteri di kulitmu. Sedangkan antiperspirant mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang bisa mengurangi kamu berkeringat.

5. Rutin ganti pakaian

Bergantilah pakaian ketika sudah terkena keringat akibat beraktivitas selama seharian. Pakaian baru dicuci membantumu jauh-jauh dari bau badan. Tak lupa, rutin ganti kaus kaki juga, ya. Kaki juga menjadi bagian tubuh yang berpotensi bau. Belum lagi kalau kaus kaki dan sepatumu menjadi sarang bakteri. Bisa-bisa gebetan kamu pingsan duluan kalau kamu bau badan dan kaki.

6. Atur asupan makanan

Ada beberapa jenis makanan yang membuat kamu lebih banyak berkeringat, sebut saja seperti makan makanan pedas. Aroma dari bawang pun akan bikin keringat kamu bau. Selain itu, minuman berkafein atau beralkohol juga bisa bikin berkeringat berlebih. Ingat lho, kalau kulit berkeringat akan berkongsi dengan bakteri kulit yang berpotensi bikin badan bau.

Nah, guys, sudah tahu tipsnya, bukan? Selamat mencoba!