Brilio.net - Transjakarta bisa jadi salah satu jenis angkutan umum andalan warga Jakarta. Selain harganya yang murah, rute Transjakarta menjangkau seluruh tempat penting di Jakarta.

Tapi yang paling menyebalkan adalah kamu mesti mengantre panjang untuk bisa masuk dan naik kendaraan ini. Belum tentu juga setelah kamu berada di dalam bus, kamu pasti akan mendapatkan tempat duduk. Bete kan kalau harus berdiri lama di dalam bus di kondisi Jakarta yang serba macet?

Tapi nggak perlu khawatir, guys. Tips-tips di bawah ini bisa kamu ikutin, khususnya pada jam-jam sibuk, saat berangkat dan pulang kantor, biar bisa dapat tempat duduk di dalam Transjakarta.

1. Jangan berdiri di depan pintu

Tips paling pertama, jangan pernah berdiri di depan pintu masuk dan keluar. Kamu harus mengusahakan segala cara supaya kamu bisa berdiri di bagian dalam bus. Selain memudahkan akses orang untuk keluar masuk, kesempatanmu untuk mendapatkan kursi lebih besar ketimbang kamu cuma berdiri di depan pintu masuk sambil berharap ada orang baik yang memanggil kamu buat kasih tempat duduknya.

Loading...

2. Hapalin muka

Kalau ada yang ngomong Jakarta itu luas banget, kamu salah besar. Jakarta itu cuman seluas mobil Transjakarta. Kok bisa? Iya bener! Kamu bisa saja ketemu orang yang sama setiap hari di dalam Transjakarta. Jadi kamu mesti hapalin muka-muka para pejuang Transjakarta itu. Bukan kenapa-kenapa, dengan menghapal mukanya, kamu pasti juga akan tahu di halte mana dia akan turun. Nah kalau kamu kebetulan ketemu orang yang sama, lakukan segala cara agar supaya kamu bisa berdiri di depannya, supaya ketika dia turun kamu bisa menggantikan tempat duduknya.

Btw, tips ini cuma berlaku kalau dia turun lebih cepat daripada kamu. Dan hanya di bangku biasa, bukan prioritas atau khusus perempuan lo ya.

3. Bedain jenis pakaiannya

Kamu nggak mesti jadi fashion experts cuman buat melakukan tips ini. Menurut survey, kebanyakan orang yang bekerja di daerah pusat Jakarta seperti Semanggi, Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto, selalu menggunakan pakaian necis dari atas sampai bawah. Jadi kalau kebetulan kamu bekerja di luar area itu, kamu boleh pepetin orang-orang pengguna jenis pakaian ini. Dengan begitu, ketika sudah tiba waktunya turun, kamu bisa mengganti posisi duduk mereka.

4. Jadi yang terakhir

Jangan biasakan untuk pulang pada saat jam pulang kantor. Selain kamu akan mengantre panjang bisa jadi kamu akan pepet-pepetan kayak ikan asin dengan berbagai macam aroma di dalam bus. Mungkin kamu bisa nonton berdua dulu sama pacar, atau makan malam romantis dulu sebelum memutuskan pulang menuju halte terdekat.

5. Datang lebih pagi

First come, first serve. Dengan datang pagi, selain bisa dapat harga yang lebih murah (everyone love discount, isn't it?) kamu juga punya kesempatan lebih besar untuk bisa dapatkan tempat duduk.

6. Pindah kos dekat halte paling pertama

Kalau semua tips di atas sudah dilakuin tapi keinginan untuk mendapatkan kursi di Transjakarta masih bagai pungguk merindukan bulan, yang perlu kamu lakukan adalah pindah kos dekat dari halte paling pertama. Kesempatanmu untuk dapat kursi pasti besar banget. Oke ini juga berlaku kalau kamu cari kerja, guys. Tapi tips ini khusus bagi kamu yang benar-benar niat menjadi pelanggan Transjakarta.