Brilio.net - Tahun 2015 akan segera berakhir. Tahun ini terasa berkesan karena ada begitu banyak inovasi canggih di bidang teknologi. Sebut saja ponsel pintar, jam tangan pintar, kamera, tablet, virtual reality, mobil pintar dan masih banyak lagi. Namun yang lebih penting lagi, inovasi-inovasi tersebut tampaknya akan berlanjut di tahun mendatang dengan terobosan yang lebih spektakuler.

Persaingan antar perusahaan diyakini akan menjadi pemicu keras dalam melahirkan inovasi yang kompetitif. Masyarakat pun semakin diuntungkan berkat adanya inovasi-inovasi terbaru yang kian tak terbendung. Dilansir brilio.net dari techinsider, Selasa (29/12), berikut 5 tren teknologi terbesar yang diprediksi bakal booming serta paling ditunggu di tahun 2016.

1. Mobil akan semakin pintar, ramah lingkungan, dan mandiri.

5 Tren teknologi terbesar yang paling ditunggu di tahun 2016

Loading...

Tahun 2015, sejumlah produsen mobil memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang transportasi yang ramah lingkungan dan nyaman bagi para pengguna. Tahun 2016, mereka akan mulai mengeksekusi program tersebut. Tesla misalnya, mereka sudah jauh-jauh hari merancang mobil tanpa pengemudi dan akan memperkenalkan produk mereka yang dibanderol dengan harga USD 35.000 tahun depan. Sedangkan GM juga akan mulai memproduksi mobil mereka yang paling ditunggu-tunggu Bolt EV seharga USD 30.000.

2. Gadget yang wearable semakin canggih

5 Tren teknologi terbesar yang paling ditunggu di tahun 2016

Tahun ini kita menyaksikan jam tangan pintar generasi pertama Apple. Produk ini cukup menjanjikan. Memang bermanfaat meski tidak begitu penting. Namun dengan lahirnya jam tangan pintar ini, diharapkan tahun depan ada inovasi yang membuat jam tangan ini semakin 'pintar'.

Di samping itu, Apple juga berencana memperkenalkan Watch generasi kedua yang dilengkapi fitur lebih canggih. Tak hanya Apple, kita tentu berharap platform lain seperti Android Wear juga mampu bersaing untuk melahirkan fitur-fitur yang nggak kalah brilian.

3. Teknologi virtual reality akan semakin populer.

5 Tren teknologi terbesar yang paling ditunggu di tahun 2016

Virtual reality bukanlah perangkat yang hanya dipakai untuk permainan belaka. Alat ini juga bisa memberimu sensasi pengalaman tak terduga. Sejauh ini ada tiga headset yang sudah dikembangkan dan rencananya akan dirilis ke pasaran tahun depan. Headset Oculus Rift misalnya, akan dirilis untuk masyarakat luas para kuarter pertama 2016.

Sedangkan waktu rilis headset HTC Vive kabarnya akan ditunda. Pasalnya, pihak pengembang rupanya menemukan teknologi spektakuler dan ingin mengaplikasikannya pada generasi pertama. Tak mau ketinggalan, Sony juga bakal merilis headset VR yang kompatibel dengan konsol PS 4 yang diharapkan diluncurkan tahun depan.

4. Tablet, laptop dan desktop akan semakin tersinkronisasi satu sama lain.

5 Tren teknologi terbesar yang paling ditunggu di tahun 2016

Smartphone mungkin menjadi perangkat paling penting saat ini. Namun jangan lupa, keberadaan tablet, laptop, atau desktop masih dibutuhkan. Tahun ini, kita melihat Microsoft telah meluncurkan Windows 10 yang memiliki fitur serbaguna dan mampu saling terhubung dengan berbagai perangkat.

Terobosan ini tampaknya diamini oleh perusahaan raksasa lain seperti Apple dan Google. Mereka juga merancang tablet-laptop hibrid yang mampu menjalankan sistem operasi mobile mereka. Namun sejauh ini, produk besutan Google dan Apple tersebut masih menuai berbagai kritik karena adanya sejumlah kelemahan yang diharapkan ada perbaikan tahun depan.

5. Tayangan TV berbayar akan semakin mudah dan membaik.

5 Tren teknologi terbesar yang paling ditunggu di tahun 2016

Perkembangan layanan TV kabel berlangganan tampaknya cukup menarik perhatian masyarakat di tahun 2015. Jaringan premium seperti HBO dan Showtime menawarkan layanan streaming milik sendiri. Sementara itu, PlayStation Vue dan Sling TV memudahkan pengguna menonton TV melalui internet.

Comcast serta Verizon juga mulai menguji streaming TV tanpa harus menyewa kotak kabel, serta masih banyak lagi terobosan luar biasa lainnya. Dengan adanya kompetisi hebat seperti ini, layanan TV berbayar di tahun 2016 diprediksi bakal semakin beragam dengan pelayanan yang semakin mudah dan membaik.