Brilio.net - Kesehatan memang harga mahal bagi setiap orang. Banyak dari kita yang melakukan beberapa tes untuk mencegah suatu penyakit. Akan tetapi, tenyata banyak tes yang tidak perlu dilakukan lho.

Selain memang membuang uang, ternyata tes kesehatan juga mengakibatkan radiasi dan efek lainnya. Berikut adalah tes kesehatan yang tidak perlu kamu lakukan, dikutip brilio.net dari menshealth.com, Selasa (7/4):

1. Tes EKG untuk jantung

Tes ini digunakan untuk mendeteksi apakah ada masalah jantung. Memang aktivitas jantung setiap orang berbeda-beda bahkan cenderung tidak normal, akan tetapi hal itu tidak menjadi bahwa seseorang mempunyai permasalahan dengan jantung.

Jika memang kamu tidak mempunyai gejala penyakit jantung, tes EKG juga tidak bisa mencegah kamu dari serangan jantung. Jika kamu sering mengalami rasa sakit di dada, bolehlah kamu mempertimbangkan untuk mengambil tes ini.

Loading...

2. Tes X-rays atau MRI untuk masalah nyeri punggung

Banyak dokter yang menyarankan untuk menjalani tes ini jika kamu sakit di daerah punggung. Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa saraf kamu tidak kenapa-kenapa.

Akan tetapi, secara umum tes ini tidak bisa menunjukkan gejala apapun. Selain itu, sakit di area punggung hanya disebabkan dengan masalah otot. Kamu memerlukan tes ini jika mengalami sakit punggung lebih dari enam minggu. Disertai dengan gejala lain seperti mati rasa di bagian kaki.

3. Tes air seni dan darah

Dokter melakukan hal ini karena kebiasaan bukan berlandaskan kebutuhan. Tes ini dilakukan untuk memeriksa apakah kamu mempunyai gejala infeksi kandung kemih, masalah ginjal, atau kadar kolesterol dalam darah. Jika kolesterol kamu normal, tes ini hanya membuang waktu dan tenaga saja. Jika kamu memang mengalami kesulitan saat buang air kecil, tes ini sebaiknya dilakukan.

4. X-ray untuk gigi

Untuk memeriksa rongga atau penyakit gusi, biasanya sang dokter melakukan hal ini. Akan tetapi, terlalu sering melakukan hal ini, kamu berisiko terkena kanker akibat radiasi. Kamu perlu melakukan tes ini jika memang sedang menjalani pengobatan untuk gigi bengkok.

5. Uji PSA

Tes ini dilakukan untuk mengetahui gejala awal kanker prostat. Banyak para ahli yang tidak merekomendasikan seseorang untuk melakukan tes ini. Penyebabnya adalah tes ini lebih menyakitkan dan manfaatnya begitu sedikit. Jika kamu ingin melakukan tes ini, kamu harus benar-benar jelas saat konsultasi dengan dokter.