Brilio.net - Belajar itu nggak terbatas umur, waktu, maupun tempat. Kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi bagaimana pun kamu tetap bisa belajar. Artinya, selama masih bernapas, kamu akan selalu belajar.

Yang namanya belajar, itu nggak cuma urusan pelajaran di sekolah atau kuliah, tapi juga pelajaran hidup. Urusan cinta, misalnya. Banyak orang yang belajar untuk move on setelah putus cinta.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa dipetik sebagai pelajaran dari putus cinta. Cuma, sering kali rasa sakit yang ditimbulkannya membuat pelajaran hidup itu terlupakan begitu saja. Alhasil, orang putus cinta lebih banyak galau ketimbang memanfaatkan sisi positif yang ditimbulkannya.

Well, ini dia hal-hal positif sang mantan yang bisa kamu ambil hikmahnya setelah putus darinya.

1. Mau berjuang

Loading...

Kalau sudah sayang, hal-hal kecil, seremeh temeh apapun itu, pasti akan kamu lakukan. Dari mantan, kamu tahu rasanya berjuang demi orang yang kamu sayang. Intinya adalah kamu belajar bahwa untuk bahagia itu butuh perjuangan.

2. Saling menyayangi

Kalau ini pelajaran nomor satu yang akan selalu kamu dapatkan dari si mantan. Kalian berpacaranan karena saling cinta dan menyayangi. Sadar atau nggak, karena rasa saling menyayangi itulah, muncul keinginan untuk saling melindungi.

3. Belajar menjadi dewasa

Walaupun kadang perbedaan sering menimbulkan masalah, tapi justru dari perbedaanlah kamu akan belajar untuk mendewasakan diri. Ketika badai menyerang, kerikil menghalangi perjalanan cinta kalian, sesungguhnya itu akan menjadikan kamu setingkat lebih dewasa.

4. Menghargai waktu

Ketika kamu mencintai seseorang, kamu akan belajar untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

5. Tulus

Pelajaran paling penting dari suatu hubungan adalah bagaimana kamu tulus dalam memberi. Dari si mantan, kamu belajar bahwa balasan bagi setiap pemberian adalah bahagia.