Brilio.net - Sejauh ini mungkin kamu hanya tahu bahwa madu berfungsi untuk mempermanis makanan atau kesehatan. Apakah hanya sebatas itu? Dikutip brilio.net dari laman mnn.com, Jumat (8/5) berikut manfaat madu untuk kulit dan rambutmu.

1. Masker jerawat

Kalau wajahmu berjerawat, cobalah masker madu. Campurkan sesendok madu mentah atau murni dengan sedikit air. Oleskan ke seluruh wajah, terutama bagian yang timbul atau rawan jerawat. Biarkan selama 30 menit sampai satu jam. Kemudian cuci dengan air hangat disusul pembersih biasa. Dengan begitu, kulit akan bersinar dan halus. Madu berfungsi sebagai obat antibakteri yang akan mengeringkan dan menghilangkan jerawat.

2. Masker pengencangan kulit

Madu dapat mengencangkan kulit wajahmu, lho. Kamu cukup mencampur satu sendok makan madu, satu putih telur, satu sendok teh gliserin (tersedia di toko obat atau toko bahan kecantikan), dan sedikit tepung untuk membentuk pasta. Kocok semuanya itu. Setelah itu oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Kulitmu akan terasa kencang.

Loading...

3. Kondisioner rambut

Kamu bisa menggunakan madu untuk melembutkan rambutmu. Kamu cukup mencampur 1/2 (setengah) cangkir madu dengan 1/4 ( seperempat) cangkir minyak zaitun. Oleskan pada rambut. Tutup rambut dengan shower cup (atau penutup kepala) selama 30 menit. Usai itu cuci rambutmu dan bilas dengan baik. Rambut akan terasa halus dan lembut.

4. Menghaluskan kulit tubuh

Kamu hanya perlu menyiapkan:

- 2 sendok makan minyak kelapa

- 1 sendok makan madu mentah atau madu murni

- 2 tetes vanili, pepermint atau minyak esensial lemon

Nah, masukkan semua bahan ke dalam sebuah mangkuk ukuran sedang lalu aduklah. Siapkan dua handuk mandi besar kemudian kamu rendam ke dalam air panas. Kamu sendiri mulai menggosokkan campuran madu tadi ke seluruh tubuh. Lantas, bungkuslah dirimu dengan handuk panas tadi, tentu saja setelah kamu peras dari air panas tadi.

Nah, setelah berdiam duduk di dalam bak mandi selama 15 menit berbalut handuk sampai handuk itu dingin, kamu bisa mandi seperti biasa. Usai mengeringkan tubuh, kulitmu akan terasa halus dan lembut.

5. Pembersih wajah

Kamu cukup menyiapkan:

- Jus dari 1/2 (setengah) lemon

- 1 sendok makan madu mentah atau murni

- 1/4 (seperempat) cangkir garam

- 2 sendok teh lavender kering

- 5-10 tetes minyak esensial lavender

Setelah itu kamu campur semua bahan dalam mangkuk kecil. Simpan dalam botol kaca untuk menyimpan campuran tersebut yang tidak habis sekali waktu pemakaian.

Pergunakan ramuan pembersih wajah ini secara rutin. Selesai menerapkan ramuan ini pada wajahmu, bersihkan dengan handuk hangat (handuk yang telah direndam atau dikenai air panas), lantas cucilah dengan air dingin.

Ramuan ini dapat membersihkan dan menyegarkan kulitmu sehingga ketika hendak tidur, kamu merasa santai dan nyaman.

Nah, bagaimana guys, siap mencoba?