Brilio.net - Lada hitam memang memang lebih enak jika dipadukan pada steak ataupun pasta. Rasa pedasnya terasa berbeda jika dibandingkan dengan cabai merah.

Yang lebih menarik lagi, lada hitam ini bisa digunakan untuk banyak hal selain sebagai bumbu dapur. Berikut adalah manfaat dari lada hitam dalam kehidupan sehari-hari selain sebagai penyedap dalam makanan dikutip brilio.net dari Reader's Digest, Sabtu (29/5).

1. Mencegah pudarnya warna pakaian

Kamu pasti sebel jika baju kesayanganmu warnanya semakin pudar karena sering dicuci. Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan lada hitam. Caranya adalah masukkan satu sendok teh lada hitam ke dalam mesin cuci. Lakukan langkah tersebut sebelum mesin dinyalakan.

2. Obat batuk

Loading...

Jika kamu mengalami batuk dengan dahak, obatilah dengan lada hitam. Caranya adalah dengan mencampurkan lada hitam, madu, dalam secangkir teh. Fungsi dari lada adalah untuk menghilangkan dahak. Untuk komposisinya adalah satu sendok teh lada hitam dan dua sendok makan madu. Diamkan selama 15 menit dan saring.

3. Menghilangkan kebiasaan merokok

Berdasarkan penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine, lada hitam bisa menyebabkan seseorang berhenti merokok. Riset tersebut menyebutkan bahwa keinginan seseorang untuk merokok berkurang ketika mencium aroma minyak lada hitam.

4. Redakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat memang tidak mengenakkan. Solusinya adalah masukkan lima tetes minyak lada hitam dan minyak kayu putih pada ari yang mendidih. Setelah itu, kamu hirup aromanya. Bau campuran tersebut bisa meredakan hidung kamu yang tersumbat.

5. Perawatan wajah

Lada hitam merupakan sumber antibakteri dan juga antioksidan. Kedua zat ini bisa membuat kamu lebih putih. Caranya adalah dengan membuat lulur dari lada hitam. Kamu hanya perlu mencampur gula pasir, minyak yang digunakan untuk pijat, dan lada. Kemudian lumuri muka kamu seperti saat luluran biasa.