Brilio.net - Perbedaan pola makan saat puasa menyebabkan perubahan metabolisme tubuh. Dalam kondisi tersebut, sangatlah penting untuk memilih makanan yang tepat. Ditambah lagi, saat puasa sebaiknya tidak terlalu makan banyak saat berbuka.

Itulah kenapa pilihan makanan yang baik saat puasa adalah yang mudah dicerna dan mengenyangkan meski dalam porsi yang sedikit. Berikut adalah makanan makanan yang masuk dalam kategori tersebut dikutip oleh brilio.net dari Daily Sabah, Selasa (23/6).

1. Daging ayam tanpa kulit dan ikan

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Kedua protein hewani ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan daging sapi atau kambing. Selain itu kandungan lemak tidak jenuh pada kedua hewan ini tidak membuat perutmu buncit. Lebih bagusnya lagi masaklah kedua bahan ini dengan sayur-sayuran.

Loading...

2. Susu dan yogurt

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Penuhilah kebutuhan kalsium dengan susu dan yogurt saat Ramadan. Akan tetapi, pilihlah susu yang rendah lemak atau bebas lemak. Selain bagus untuk sumber kalsium, kedua olahan ini tidak bikin perut susah untuk mencernanya.

3. Es krim dan puding

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Saat metabolisme menurun karena puasa, dua makanan ini adalah pilihan yang tepat. Selain rendah kalori, kedua makanan manis ini sangat mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, es krim dan puding memberikan kesegaran tersendiri saat berbuka puasa.

4. Telur

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Telur merupakan sumber protein yang paling ringan dan sehat. Makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur. Kandungan kalori pada telur juga membuat kamu merasa kenyang. Kamu bisa memasak telur dengan direbus atau dibuat menu orak-arik.

5. Buah-buahan segar

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan penuhilah kulkasmu dengan buah-buahan yang segar. Kamu bisa mengkonsumsi buah baik saat sahur ataupun buka. Buah-buahan bisa dijadikan cemilan yang sehat saat puasa. Selain itu kandungan seratnya juga bagus untuk pencernaan.