Brilio.net - Mainan memang banyak digemari dan identik dengan anak-anak. Namun, jangan heran jika suatu saat menjumpai orang-orang dewasa yang sibuk mengamati mainan yang dipajang di etalase sebuah toko. Usut punya usut, ternyata ada beberapa mainan yang cenderung dikoleksi oleh orang dewasa, terutama kalangan hobbies, karena memiliki nilai investasi yang cenderung terus naik. Selain tentunya juga bisa berfungsi sebagai pajangan di rumah atau ajang pamer terhadap sesama kolektor mainan.

Penasaran mainan apa saja yang dikoleksi orang dewasa dan bernilai investasi? Berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. GUNPLA (Gundam Plastik Model)

Gunpla atau biasa juga disebut plamo oleh sebagian kalangan, merupakan salah satu jenis Model Kit yang bila dirangkai dengan benar akan menghasilkan tiruan dari sebuah benda dalam bentuk miniatur. Gunpla terdiri dari beberapa grade, antara lain Super Deformed (SD), High Grade (HG), Real Grade (RG), Non Grade (NG), Master Grade (MG), Perfect Grade (PG), dan sebagainya.

2. Lego

Loading...

Lego adalah sejenis permainan berupa bongkah plastik kecil yang bisa disusun menjadi berbagai macam bentuk model. Lego memang layak untuk dijadikan sebagai salah satu daftar koleksi mainan karena bisa dipastikan bernilai investasi tinggi mengingat ada beberapa jenis Lego yang tidak diproduksi ulang atau one time production khususnya untuk yang berlisensi.

3. Action figure

Action figure adalah mainan yang berbentuk miniatur karakter yang terbuat dari bahan plastik. Kini action figure tidak hanya sebatas menjadi mainan tetapi juga telah menjadi barang koleksi.

4. Diecast

Diecast memiliki banyak sekali peminat terutama dari kalangan pecinta mobil dan otomotif. Meskipun tidak bia bergerak, tetapi kemiripan bentuk dengan aslinya menjadi daya tarik tersendiri dari mainan ini selain karena memiliki banyak jenis.

5. Tamiya

Satu lagi mainan yang tak lekang oleh zaman yaitu mobil rakitan yang lebih dikenal dengan istilah Tamiya. Tamiya sebenarnya merupakan salah satu brand dari mini 4WD. Istilah Tamiya sendiri mulai populer di Indonesia seiring dengan tayangnya film animasi tentang Tamiya yakni "Let’s & Go". Berbeda dengan mobil balap lainnya, keunikan permainan ini bukan hanya terletak pada adu kecepatan saja, namun lebih ditekankan pada kehandalan dalam merakitnya.

Laporan: Fima Herdwiyanti