Brilio.net - Aromaterapi atau penggunaan minyak esensial telah digunakan selama ribuan tahun, dari bangsa China dan Mesir, lantas India, Yunani, dan Romawi. Ada banyak manfaat dari penggunaan minyak esensial, baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Namun begitu, kamu nggak boleh sembarangan memakainya. Terlebih pada wanita hamil, tidak boleh memakai aromaterapi atau minyak esensial. Maka dari itu, selalu ada takaran aman dalam penggunaannya. Umumnya minyak esensial dipakai hanya beberapa tetes sebagai campuran.

Dilansir brilio.net dari laman Lifehack, berikut 5 manfaat aromaterapi yang patut kamu perlu tahu, Selasa (24/11):

1. Menyingkirkan bau busuk

5 Khasiat mengejutkan aromaterapi yang perlu kamu tahu, coba yuk!foto: thetab.com

Loading...

Iya, jelas sekali fungsi aromaterapi mengusir bau tak sedap dari tempat di tempat tinggalmu. Misalnya saja mengusir bau terasi di dapur, mengusir bau apak di ruang kantor, atau mengenyahkan bau toilet. Kamu bisa menggunakan aromaterapi jenis apa pun, dari apel sampai lavender, sesuai keinginan kamu.

2. Membunuh bakteri

5 Khasiat mengejutkan aromaterapi yang perlu kamu tahu, coba yuk!

foto: ecobabysteps.com

Nggak percaya aromaterapi dapat membunuh bakteri? Coba rendam kain lap yang mulai bau dalam air hangat dicampur sedikit pemutih dan beberapa tetes minyak esensial favorit. Setelah itu buatlah untuk mengelap benda-benda di dapur yang bau dan kotor, misalnya meja dapur bekas memasak rempah dengan bau tajam, seperti terasi atau ikan asin, dan benda lain yang sekiranya tak mungkin untuk dicuci dengan sabun. Setelah itu, juga bisa menggunakan penyemprot ruangan dari minyak esensial untuk menghilangkan bau menyengat.

Perlu kamu tahu, aromaterapi dari pinus, pohon teh, dan lemon merupakan disinfektan ampuh. Begitu pula minyak esensial lavender bisa dimasukkan ke air pembilas pakaian, seprai, dan handuk orang yang sedang sakit, sebab bisa membunuh kuman. Minyak esensial daun mint dan pohon teh juga bisa mencegah kutu. Minyak esensial dari tanaman eucalyptus dan pohon teh berfungsi mengatasi hidung tersumbat dan melegakan rongga dada.

3. Memperbaiki suasana hati

5 Khasiat mengejutkan aromaterapi yang perlu kamu tahu, coba yuk!foto: prevention.com

Minyak aromaterapi dapat menenangkan pikiranmu dan meningkatkan suasana hati yang bagus. Kamu bisa menggunakannya sebagai campuran dalam bak mandi atau campuran semprotan lantas disemprotkan ke sekelilingmu. Untuk aroma romantis, kamu bisa menggunakan minyak aroma mawar, sementara lemon untuk membangkitkan energi.

4. Mengusir serangga

5 Khasiat mengejutkan aromaterapi yang perlu kamu tahu, coba yuk!foto: hubpages.com

Benci nyamuk, kecoak, dan serangga lain yang mengganggu keseharianmu? Coba deh, racik air bercampur minyak esensial citronella (sereh wangi) untuk disemprotkan ke tubuhmu, supaya nyamuk pergi. Atau kalau ingin mengusir kecoak dan serangga lain, teteskan minyak daun mint ke kapas kemudian taruh di tempat-tempat yang berpotensi didatangi serangga tersebut, misalnya lemari, laci, dapur, dan sebagainya.

5. Minyak esensial siap pakai

5 Khasiat mengejutkan aromaterapi yang perlu kamu tahu, coba yuk!

foto: massageenvy.com

Kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi secara langsung dengan mengoleskan beberapa titik bagian tubuh. Minyak esensial yang sering digunakan sebagai parfum adalah mawar, melati, geranium, dan lavender.

Bukan sekadar sebagai parfum, minyak esensial juga bisa mengatasi beberapa masalah di tubuh, lho. Minyak esensial mawar bisa menjadi pelembap wajah kering, terutama di sekitar mata dan mulut. Selain itu juga efektif mengurangi munculnya bekas luka. Aroma jojoba berfungsi untuk perawatan kulit kepala dan ketombe. Selain itu, juga bisa membuat rambutmu halus dan memperbaiki kerusakan rambut. Ada pula minyak esensial yang digunakan untuk minyak pijat untuk menghilangkan stres tubuh dan pikiran.

Manfaatnya keren kan, ladies? Selamat menikmati aromaterapi!