Brilio.net - Saat ini di Indonesia sedang mengalami musim kemarau. Terik matahari dan cuaca panas di siang hari terkadang menghambat kamu untuk beraktivitas. Memang sih, sedikit gerak di musim panas akan membuat tubuh cepat berkeringat dan kehilangan cairan. Terus kamu hanya berdiam saja tanpa aktivitas? Tentu saja tidak.

Godaan terbesar di siang hari adalah meminum segelas es untuk pelega dahaga. Namun, alih-alih ingin menghilangkan dahaga yang ada kamu bisa jatuh sakit. Selain mengkonsumsi air putih, cara lain yang bisa dilakukan adalah banyak mengkonsumsi buah semangka.

Semangka dijamin mampu menjaga tubuhmu tetap enerjik di musim panas. Berikut adalah manfaat buah semangka untuk menjaga hari-hari tetap semangat di kala musim panas dikutip oleh brilio.net dari lifehack.org

1. Buah antidehidrasi

Cairan memang elemen utama dalam tubuh. Di saat musim panas, tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Jika kamu tidak ingin minum air putih terlalu banyak, semangka bisa dijadikan alternatif. Buah ini merupakan sumber elektrolit yang tepat agar kamu tidak kehilangan cairan terlalu banyak.

Loading...

2. Bagus untuk tulang

Semangka kaya akan kandungan lycopene. Unsur ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, zat ini juga bisa mencegah kamu dari osteporosis. Jika kamu memang seorang yang aktif, semangka merupakan pilihan yang pas untuk mendukung gerak tubuhmu.

3. Mempekuat imun tubuh kamu

Jika ingin terhindar dari sakit di musim panas, perbanyaklah makan semangka. Kandungan vitamin C dalam buah semangka bisa meningkatkan imun dalam tubuh kamu. Bahkan satu potong buah semangka mengandung sekitar 16% dari kebutuhan vitamin harian kamu.

4. Sayangi otakmu dengan buah semangka

Semangka merupakan sumber potasium yang sangat bagus. Zat ini berfungsi untuk memperlancar koordinasi antara saraf di otak dan gerak tubuh.  Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan lemahnya sinyal dari saraf otak ke bagian tubuh lainnya. Jika kamu tidak ingin kelelahan saat beraktivitas, makanlah beberapa potong buah semangka.

5. Memperlancar air seni

Buah yang berwarna merah ini sangat membantu memperlancar pembuangan air seni. Mengkonsumsi buah semangka secara teratur bisa meringangkan ginjal dalam memproses kotoran. Selain itu, buah semangka juga mampu membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.