Brilio.net - Dunia hiburan Indonesia kembali berduka karena kepergian Didi Widiatmoko alias Didi Petet. Artis yang dulu pernah memainkan sebagai bapaknya Sadam di film Petualangan Sherina ini meninggal dunia dalam usia 58 tahun. Meskipun kita tidak bisa bertemu dengan sosoknya, akan tetapi banyak hal yang bisa kamu tiru dari semangatnya dalam menekuni dunia seni peran.

Jika kamu memang mempunyai passion untuk menapaki karir di industri perfilman, berikut adalah lima hal yang bisa kamu tiru dari sosok Didi Petet, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/5):

1. Tidak terlalu milih-milih peran
Didi Petet mengaku tidak ada obsesi untuk memerankan peran tertentu atau yang menantang. Dia menjelaskan bahwa memainkan peran orang lain saja sudah sulit. Makanya, dia memilih untuk berusaha keras dengan peran yang sudah ditentukan kepadanya. Di sisi lain, dia selalu menikmati setiap peran dan tidak membeda-bedakan.

2. Totalitas tinggi
Ketika bergabung dengan Teater Koma pada usianya yang ke-23, Didi Petet mendapatkan peran sebagai hewan babi. Padahal waktu itu badannya masih kurus. Untuk menutupinya, Didi mengenakan busa sampai pertunjukan berakhir. Hal tersebut dilakukan agar penampilannya mirip dengan perannya.

3. Akting bukan soal pekerjaan semata
Dia mengungkapkan bahwa dunia seni peran memberikan pemahaman tentang kehidupan. Dengan memerankan sebagi orang lain dalam sebuah film, dia bisa mengembangkan diri. Selain itu, akting juga mengajarkan seorang Didi Petet dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Tidak terlalu ambisius
Sosok Didi Petet tidak lepas dari image Kabayan yang sangat populer di tahun 90an. Meskipun begitu, dia rela untuk tidak memerankan tokoh tersebut pada film berjudul Kabayan Jadi Milyuner pada tahun 2011. Dia rela tokoh tersebut diperankan oleh seorang mantan VJ MTV. Sedangkan, dia mendapat peran sebagai sosok Abah dalam film tersebut.

5. Mau berbagi ilmu dengan juniornya
Meski telah suskes memerankan Si Emon dalam film Catatan Si Boy yang membuat namanya melambung, Didi Petet tetap mau berbagi ilmu dengan juniornya. Meski kesehariannya dipadati dengan akting untuk film, sinetron, atau teater, Didi Petet juga mau mengisi perkuliahan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sebagai dosen.