1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Agustin Wahyuningsih 22 Maret 2015 22:00

5 Cara agar kamu lebih percaya diri

Supaya tetap percaya diri, angkatlah kepalamu dan buatlah kontak mata dengan orang-orang di sekitarmu
ilustrasi percaya diri

Brilio.net - Pernah merasakan tidak percaya diri? Bohong kalau tidak pernah. Bahkan orang yang memiliki self-esteem tinggi pun pernah mengalami fase tidak percaya diri. Hanya saja, mereka tidak mengizinkan hal itu melemahkan mereka.

Nah, beda cerita dengan orang yang sangat sensitif dan introvert. Mereka mungkin memiliki waktu lebih lama untuk mengumpulkan kembali rasa percaya diri setelah mendapatkan kenyataan yang menyakitkan. Terlebih mereka termasuk tipikal orang yang sering memedulikan pendapat orang lain bahkan menginternalisasi omongan orang lain.

Tapi, apa pun tipe pribadimu, kamu bisa gunakan trik ini untuk menggenjot rasa percaya diri kamu. Berikut 5 trik yang dikutip brilio.net dari powerofpositivity.com, Minggu (22/3).

1. Hiasi wajahmu dengan senyuman
Bahkan jika kamu merasa sangat tidak nyaman dan aman, perhatikanlah bagaimana mood-mu bisa berubah dengan tersenyum sederhana kepada orang lain. Atau, jika kamu sedang sendirian, berdirilah di depan kaca dan tersenyumlah pada dirimu sendiri.

Senyuman bukan hanya memperbaiki mood-mu secara instan, tapi juga bekerja secara ajaib untuk membebaskanmu dari stres, memperbaiki sistem imunitas, membuatmu tampak lebih muda dan menarik, dan melepaskan hormon serotonin. Banyak juga kan keuntungan tersenyum?

Kamu dapat dengan mudah memanipulasi otakmu melakukan teknik tersebut. Karena dengan tersenyum, kamu akan merasa lebih baik dan bahkan membuat orang lain juga ikut tersenyum. Jika kamu tersenyum lebih banyak dalam hidup, itu akan membuat hidupmu lebih berbahagia.

2. Angkat kepalamu lebih tinggi ke mana pun kamu pergi
Ketika kamu berjalan dengan kepala tertunduk dan menghindari kontak mata dengan orang lain, kamu akan merasa tidak terhubung dengan orang-orang di sekelilingmu. Nah, biar tetap percaya diri, angkatlah kepalamu dan buatlah kontak mata dengan mereka semua.

Menundukkan kepala justru menunjukkan kamu ingin menyembunyikan diri sekaligus merasa tidak nyaman terhadap orang lain. Jadi, angkatlah kepalamu dan jalinlah relasi dengan orang lain. Dapatkan pengalaman baru, dengan begitu kamu akan semakin percaya diri bergaul.

BRILIO VIDEO

AS, Korsel dan Jepang Gelar Latihan Gabungan

3. Memvisualisasikan rasa percaya diri pada masa depan
Salah satu cara mudah untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah membayangkan bagaimana kamu akan terlihat dan merasa saat kamu dalam kondisi tidak nyaman. Jadi, semisal kamu demam panggung selama presentasi, kamu bisa mengubah pola pikirmu.

Kamu dapat mengubah pikiranmu dengan membayangkan dirimu presentasi dengan penuh rasa percaya diri dan lancar, bahkan bisa komunikatif dengan audience. Ingat lho, pikiranmu akan mempengaruhi sikapmu.

4. Pergilah jogging atau bersepeda
Olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga meningkatkan semangat dan mood. Dengan mood yang bagus kamu akan semangat menjalani aktivitasmu sehari-hari. Dengan begitu juga akan meningkatkan produktivitasmu di kampus atau kantor.

5. Bukalah pikiranmu dan resapi isi hatimu
Jikalau kamu terlalu dalam memikirkan masalah dan menyesali kekuranganmu, hal ini tidak akan membantumu untuk menikmati hidup. Lihatlah sekelilingmu, ada yang mengalami masalah seperti kamu bahkan lebih parah. Tapi mereka masih bisa menikmati hidup.

Dengan kamu memperhatikan sekelilingmu, pasti kamu bisa belajar lebih banyak untuk bersyukur dengan semua yang kamu miliki. Hal ini dapat memicu rasa percaya dirimu tapi juga tidak menjadikanmu sombong. Sebab kamu menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jadi, bagaimana, guys? Sudah siap lebih percaya diri lagi?

 

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

MAKMUR Ep 4 - Martabak
Kamu pencinta martabak? Cek yuk rekomendasi tempat martabak manis yang enak dan murah di Jakarta menurut MAKMUR! Dijamin bikin ngileeer dan gak bikin kantong jebol! #MAKMURBRILIO ---- Host: Josie Valentino : https://www.instagram.com/joshvantino/ Rika Siahaan : https://www.instagram.com/rikaelenora/ Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH... Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS... Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH... WEBSITE: http://brilicious.brilio.net http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoI... https://www.facebook.com/Brilicious.f... TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilicious.... https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Martabak San Fransisco Alamat : Jalan Patiunus No.48, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan Telepon : 0812-8828-9009 Martabak Bandung Elin Alamat : Jalan Pinang Perak, Pondok Indah - Jakarta Selatan Telepon : (021) 99931361 Martabak Bangka Akim Alamat : Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 455 - 457, Tanjung Duren - Jakarta Barat Telepon : 0851 0078 0695
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

5 Cara agar kamu lebih percaya diri.
Supaya tetap percaya diri, angkatlah kepalamu dan buatlah kontak mata dengan orang-orang di sekitarmu
https://www.brilio.net/life/5-cara-aga-kamu-lebih-percaya-diri-1503224.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?