Brilio.net - Nggak ada yang bisa ngalahin kriuk renyahnya gorengan. Ditambah lagi aromanya yang gurih-gurih enak. Kalau gini siapa coba yang bisa tahan sama godaan gorengan? Belum lagi semua bahan makanan enak digoreng yang kini makin banyak pula jenis gorengan yang sukses memikat pecinta gorengan.

Di balik kelezatannya, lalu apa sih yang membuat gorengan bisa menjadi makanan favorit semua orang sampai-sampai rasanya krenyes garing dan enak di lidah bikin beberapa orang ketagihan. Berikut rangkuman brilio.net soal kedahsyatan gorengan dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (17/4). Nyaaaaam!

1. Harganya yang murah

Murah. Kata yang ampuh banget buat memikat pembeli dan semua orang tentu saja. Nggak sampai harus mengeluarkan uang sampai puluhan ribu, hasratmu untuk menikmati gorengan udah bisa tercapai. Apalagi kalau kondisi kantong lagi pas. Pas ada uang ya beli, pas nggak ada uang jadi makin rajin beli gorengan. Ini sih buat pecinta gorengan yang udah ketagihan banget sih. Tapi emang kok, harga gorengan yang murah pantas menjadikan gorengan jadi nominasi camilan merakyat yang disukai semua orang.

2. Mudah dibuat dan didapat

Loading...

Camilan sederhana ini mudah banget dibuat sendiri di rumah. Kamu cukup mempersiapkan adonan tepung dan dicampur dengan jenis bahan yang akan kamu buat jadi gorengan. Tapi kalau kamu nggak punya waktu dan lagi males banget buat masak, kamu bisa mendapatkan gorengan juga dengan sangat teramat mudah. Tinggal cari jalan besar yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, terminal bahkan mal, pasti nanti ada penjual gorengan. Atau kamu cukup ke warung makan pasti dijamin ada yang namanya gorengan.

3. Sensasi gorengan yang renyah dan garing

Tahu nggak, ternyata rahasia gorengan yang renyah ada pada penggunaan tepungnya lho. Tepung ini memang punya peran yang sangat penting dalam gorengan. Bisa dibuat jadi adonan untuk celupan bahan makanan atau sebagai tepung kering pelapis luarnya saja. Jenis tepung yang ada di pasaran pun sekarang makin beragam yang biasa dipakai untuk gorengan. Biasanya sih, untuk gorengan bertekstur lembut seperti mendoan memakai adonan tepung terigu yang karakteristiknya lebih halus. Nah, supaya tekstur gorengan lebih renyah dan garing tinggal dicampur bersama tepung beras.

4. Camilan yang bikin lumayan kenyang dibanding keripik

5 Alasan penting kenapa gorengan bisa bikin kamu ketagihan, kriuk!

Gorengan udah jadi salah satu menu wajib buat teman ngemil di segala suasana, mau cuma nonton TV sendiri sampai ngobrol bareng teman-teman, asal ada gorengan dan minuman panas, lengkap dan sungguh nikmat! Gorengan juga udah jadi menu rutin berbuka puasa yang sering disajikan oleh sebagian besar orang Indonesia. Padahal, gorengan itu nggak boleh dimakan saat berbuka puasa. Alasannya karena gorengan memiliki indeks glikemik tinggi yang akan membuat gula darah naik secara drastis lalu turun. Hal ini akan memicu aktivitas pusat kesenangan pada otak yang menyebabkan seseorang bernafsu untuk kembali makan dan memenuhi hasratnya itu.

Belum lagi kalau gorengan yang kamu makan itu punya kandungan karbohidrat seperti kentang, singkong dan ubi jelas-jelas ngemil kamu bukan lagi ngemil cantik tapi ngemil berat banget. Nggak heran kalau makan 2-4 gorengan aja kamu udah bisa merasa kenyang. Tapi tetap harus dikurangi ya, karena makanan yang diproses dengan digoreng terbukti dapat memicu kanker. Belum lagi makanan gorengan akan memicu kolesterol tinggi dalam tubuh. Kamu bisa mencoba bahan pangan yang direbus atau dikukus untuk menghindari dampaknya bagi kesehatan.

5. Semakin panas semakin enak untuk dinikmati

Gorengan selagi panas memang pas banget buat langsung dinikmati. Beda rasanya kalau gorengan udah dingin, sensasi kriuk dan renyahnya pasti juga akan beda. Anyep! Tapi kalaupun gorengan sudah terlanjur dingin kamu masih bisa menggorengnya lagi dengan minyak panas tapi tetap nggak baik juga kalau minyak penggorengnya merupakan lemak jenuh yang nggak sehat. Jadi lebih baik nikmati gorengan selagi panas atau urungkan niatmu untuk makan gorengan kalau cuma didiemin aja setelah ada di sampingmu.

5 Alasan penting kenapa gorengan bisa bikin kamu ketagihan, kriuk!

Tetap cermat memilih dan mengonsumsi gorengan ya. Salam kriuk!