Brilio.net - Hey girls, seberapa sering kamu menebalkan bedak ke wajah kamu dalam sehari? Make up memang tidak hanya menutup kekurangan pada wajah, tetapi juga bisa membuat ciri khas pada penambilan dalam diri kamu. Ya nggak?

Akan tetapi, sebenarnya make up harus dihindari sesering mungkin. Tidak hanya bermasalah untuk kesehatan saja, akan tetapi wajah tanpa make up juga bisa menguji seberapa tinggi kepercayaan diri kamu sebagai wanita.

Berikut adalah alasan besar kenapa wajah kamu harus bebas make up, seperti dikutip oleh brilio.net dari lifehack.org, Senin (30/3):

1. Wajah kamu akan berterima kasih jika kamu bebas riasan
Kamu mungkin sering lupa bagaimana wajah merasa dirusak setiap harinya karena make up yang sering kamu pakai. Meskipun kosmetik yang kamu beli sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bukan berarti produk tersebut aman. Banyak sekali make up yang mengandung natrium benzoa dan krasinogen yang bisa menyebabkan alergi terhadap kulit.

Percuma saja jika kamu mengoleskan foundation dalam wajah untuk membuat kamu lebih berkilau. Hal ini bisa memicu jerawat dan noda karena bedak tersebut diserap oleh wajah.

2. Lebih menghemat waktu
Bayangkan saja, jika kamu setiap hari menggunakan make up sebelum berangkat ke kampus atau kerja. Pernahkah kamu menghitung berapa waktu yang dihabiskan untuk merias wajah?

Berdasarkan penelitian, wanita di seluruh dunia menghabiskan waktu 474 hari dalam hidupnya hanya untuk merias wajah. Sedangkan di Amerika sendiri, wanita rata-rata menggunakan 17 jenis produk kencantikan sebelum pergi dari rumah. Selain itu, mereka juga membutuhkan waktu satu jam untuk mempercantik diri.

3. Lebih menerima kekurangan diri
Banyak wanita yang menggunakan make up untuk menutup hal-hal yang kurang sempurna dalam wajah mereka. Cobalah kamu berpenampilan apa adanya tanpa adanya polesan. Dengan kebiasaaan tanpa make up, kamu bisa mengukur seberapa tinggi rasa kepercayaan diri kamu meski tanpa make up.

4. Lebih berdamai dengan diri sendiri
Wajah tanpa make up bisa membuat kamu lebih berdamai dengan diri sendiri. Kamu bisa menghindari penilaian diri kamu dari komentar orang lain. Karena kamu sudah paham dengan diri kamu sendiri dengan tanmpil tanpa make up. Kamu sudah lebih tahu bagian wajah mana yang terbaik tanpa riasan. Jadi kenapa tidak mulai sekarang?

5. Lebih percaya diri
Maskara dan eyeliner yang kamu pakai hanya menutupi rasa percaya diri. Kamu akan makin rendah diri jika riasan tersebut sudah dihapus dari wajah. Jika kamu fokus untuk berpenampilan secara natural, hal ini bisa meroketkan rasa percaya diri kamu. Kamu tidak akan tertarik dengan trend kecantikan. Yang paling penting, kamu bisa mendefinisikan kencatikan itu seperti apa.