Brilio.net - Pergi ke dokter gigi tidak hanya sebatas untuk mencabut dan menambal gigi saja loh. Para ahli gigi bisa membaca kesehatan pasiennya melalui kondisi gigi. Jika kamu rutin periksa gigi setiap bulan, sebaiknya kamu tanyakan secara detail kondisi gigi kamu. Sehingga kamu bisa memantau keadaan tubuh kamu lewat kondisi gigi. Selain itu, jika ada gejala penyakit serius, kamu bisa mencegahnya.

Inilah beberapa penyakit yang bisa diditeksi melalui kondisi gigi dikutip dari menshealth.com, Sabtu (4/4).

1. Diabetes

Mulut kering merupakan tanda gejala penyakit ini. Bahkan kamu tidak akan merasakannya sampai air liur kamu produksinya makin sedikit. Selain itu, mulut kering ini juga menimbulkan bau yang tidak enak. Kajian ini diambil dari Akademi Kedokteran Gigi Umum. Selain itu, riset baru-baru ini mengungkapkan bahwa seorang dokter gigi bisa mendeteksi diabetes melalui darah yang ada di gusi sang pasien.

2. Asam lambung

Loading...

Berdasarkan International Journal of Dentistry, 1 dari 4 orang yang memiliki kelainan asam lambung mempunyai erosi pada giginya. Proses erosi pada gigi ditandai dengan hilangnya struktur luar pada gigi. Jadi, jika kamu mempunyai kondisi gigi seperti ini, segerlah berkonsultasi dengan dokter agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

3. Penyakit Crohn (pembengkakan usus)

Jika kamu mengidap penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan seperti batu-batuan pada gusi kanan di sekitar gigi. Benjolan itu tidak menyakitkan. Akan tetapi, jika kamu sering mengalami sariawan kecil yang terlalu sering, ini merupakan sinyal bahwa kamu mengidap penyakit ini. Sebaiknya tanyakan dengan dokter gigimu dahulu terkait dengan benjolan-benjolan pada gusimu.

4. Penyakit jantung

Tanda-tanda gigi pada orang yang mempunyai penyakit jantung adalah bengkak, gusi merah dan berdarah. Risiko penyakit ini bisa meningkat jika memiliki riwayat kegemukan. Jadi jika kamu memiliki tanda-tanda yang sama seperti diatas, lebih baik meminta dokter gigi kamu untuk membersihkan gigi secara mendalam.