Brilio.net - Saat mencuci pakaian, sweater, dan bahan halus lainnya dengan tangan, ada baiknya menghindari tindakan yang bisa merusak bahan kainnya.

Seperti dikutip brilio.net dari laman Good Housekeeping, Jumat (29/5) berikut empat kesalahan saat mencuci pakaian dengan tangan.

1. Meletakkan pakaian di bak sebelum mengisi bak dengan air-Mengapa hal ini keliru?

Tekanan air yang mengenai kain dapat menyebabkan tekanan pada kain, dan deterjen lebih sulit menyatu dengan kain tersebut.

Sebaliknya, jika menuangkan air dan deterjen terlebih dahulu ke bak, maka campuran ini akan bekerja maksimal membersihkan kotoran pada kain, yang dimasukkan selanjutnya. Sebab, kain akan perlahan terbenam dalam campuran air dan deterjen tersebut.

Loading...

2. Cara menggosok noda keliru-Menggosok kain pakaian terlalu agresif bisa merusak kain, terlebih kain yang rapuh. Kamu hanya perlu menghilangkan noda secara lembut dengan memberinya deterjen cair menggunakan ujung jari. Selanjutnya, kamu bisa meremas lembut pakaianmu. Kebanyakan pakaian akan bersih dalam waktu sekitar 15 menit. Baru kalau ada yang sangat kotor, perlu perendaman lebih lama lagi.

3. Menggunakan keran untuk membilas-Membilas di bawah air keran atau air mengalir, terutama untuk bahan pakaian yang halus, bisa menyebabkan kain merenggang. Jadi, seperti poin pertama, kalau mau membilas, benamkan saja pada air jernih dan memerasnya seperti biasa.

4. Memeras terlalu keras-Nah, ketika selesai mencuci dan membilas, jangan terlalu kasar memerasnya. Peras secara lembut lalu letakkan di atas handuk yang dibentangkan datar untuk menyerap air yang tersisa pada pakaian. Setelah itu gulung handuk untuk "membuang" air tersisa tersebut. Selesai itu baru kamu jemur.