Brilio.net - Olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh itu pasti. Tapi setelah berolahraga apa yang harus kamu lakukan mungkin pernah bikin kamu merasa nggak pasti apa sih yang seharusnya dilakukan.

Ditambah lagi ada anggapan dan mitos yang cukup banyak beredar di masyarakat yang justru bikin makin bingung. Seperti nggak boleh makan setelah olahraga dan lainnya. Waduh padahal kan kamu pasti merasa lapar masak nggak boleh?

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/4), berikut mitos-mitos tentang hal yang nggak boleh dilakukan setelah berolahraga.

1. Mandi air hangat setelah berolahraga

Mandi setelah berolahraga sangat penting untuk mencegah gatal-gatal dan munculnya bakteri pada tubuh. Terus sebaiknya mandi pakai air hangat atau dingin ya?

Loading...

Sebuah studi yang dipublikasi di European Journal of Apllied Physiology menemukan bahwa dibandingkan mandi dengan air hangat atau dingin saja, mandi dengan kedua air tersebut secara bergantian lebih dapat mengurangi pegal-pegal akibat olahraga.

Bahkan, dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa ternyata air dingin lebih ampuh untuk mempercepat pemulihan otot daripada air hangat.

2. Melakukan pijat akan hambat pembentukan otot

Mitos ini dipecahkan oleh sebuah penelitian tahun 2012 yang menemukan bahwa pijat ringan setelah melakukan olahraga dapat mengurangi respons peradangan yang berkontribusi menyebabkan pegal-pegal.

Mengurangi rasa pegal nggak hanya membuat kamu jadi lebih nyaman, tapi juga membuatmu nggak kapok untuk berolahraga lebih sering. Selain itu juga, otot yang dipijat justru akan menjadi lebih kuat serta efisien dalam menggunakan sumber energi.

3. Nggak boleh makan setelah berolahraga

Saat olahraga, tubuh kamu akan menggunakan energi yang tersedia, menggunakan cadangan karbohidrat dan membuat otot tubuh bekerja keras. Sayangnya sebagian orang percaya, jika makan setelah berolahraga,akan sia-sia.

Tenang, ini hanyalah mitos! Malah sebaliknya, jika kamu nggak makan setelah berolahraga, maka akan berpotensi menggagalkan hasil dari olahraga.

Ada dua alasan mengapa kamu perlu makan setelah berolahraga. Satu, untuk mengisi ulang cadangan energi yang telah dipakai saat berolahraga. Dua, untuk memperbaiki sel-sel otot tubuh yang rusak karena berolahraga.

Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat yang dikombinasikan dengan protein supaya menggantikan zat gizi atau nutrien yang hilang selama olahraga, seperti yogurt, bluberry, atau kacang tanah.

Nah, gimana apakah kamu masih percaya sama mitos tentang hal yang nggak boleh dilakukan setelah berolahraga?