Brilio.net - Kita seringkali melewatkan sebuah 'keajaiban' ketika sedang buang air besar (BAB) alias poop. Seolah-olah kita mengacuhkan apa yang sudah kita proses di dalam perut. Padahal kotoran yang kita keluarkan setiap harinya bisa menjadi klu soal kesehatan kita.

Pastinya kamu pernah membaca bagaimana warna poopmu bisa menggambarkan kondisi tubuhmu. Ternyata tidak hanya warna saja, bahkan elemen atau benda yang keluar bersama kotoranmu bisa menjadi penanda kesehatanmu.

Jika kamu menemukan salah satu tiga elemen ini di poopmu, sebaiknya kamu harus waspada, sebagaimana dikutip brilio.net dari Men's Health, Jumat (25/9):

1. Lendir

Mungkin kamu bisa merasa aman-aman saja jika poopmu berisi lendir karena memiliki riwayat iritasi usus. Jika tidak? Kamu patut waspada! Sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter jika menghadapi situasi tersebut. Jangan sampai hal ini memperparah kondisi perutmu.

Loading...

2. Darah

Jika ada darah dalam kotoranmu, hal ini bisa terjadi karena adanya pembengkakan di anus. Itulah mengapa kamu tidak boleh meremehkan hal ini. Bisa jadi darah yang nempel di kotoran merupakan penanda akan penyakit yang serius seperti wasir atau kanker usus besar.

3. Cacing

Pasti kamu akan merasa risi jika ada cacing dalam kotoranmu. Akan tetapi hal ini bisa saja benar-benar terjadi. Cacing merupakan sinyal bahwa ada hewan parasit di dalam tubuhmu. Hal ini bisa berbahaya karena hewan ini menjadi benalu dalam tubuhmu. Percuma makan banyak jika saripatinya diambil oleh cacing.

Jadi, sering-seringlah cek poop kamu ya guys! Kesehatanmu lho!