×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
21 Alasan kamu tak perlu jadi orang yang sok sibuk

View Image

0

BRILIO » Life

21 Alasan kamu tak perlu jadi orang yang sok sibuk

Tidak hanya mempengaruhi fisik saja, tetapi sibuk tidak selalu sama dengan efisiensi.

24 / 03 / 2015

Brilio.net - Sangat beruntung jika kamu orangnya tidak sibuk. Banyak hal negatif yang bisa diakibatkan kesibukan.

Tidak hanya mempengaruhi fisik saja, tetapi sibuk tidak selalu sama dengan efisiensi. Bahkan terlalu sibuk bukan gaya hidup dianjurkan.

Berikut adalah 21 alasan kenapa kamu beruntung jika kamu bukan orang dengan tipe super sibuk, seperti dikutip brilio.net dari lifehack.org, Selasa (24/3):

1. Kamu tidak bisa menikmati masa sekarang
Kehidupan ini tersusun dari beberapa momen. Karena kamu terlalu sibuk dengan suatu hal, kamu bisa melewatkan yang penting, yaitu masa sekarang. Orang yang terlalu sibuk akan selalu meributkan masa depan kemudian lupa untuk menikmasi masa sekarang.

2. Kehilangan kesempatan
Banyak kesempatan yang dibagikan menggunakan media sosial, brosur, dan media lainnya. Jika kamu sibuk, kamu bisa melewatkan kesempatan tersebut karena terlalu fokus dengan kesibukanmu.

3. Sering sibuk tidak menjamin kemajuan
Prinsip Pareto menyebutkan bahwa 80% dari pekerjaan dihasilkan dari 20% dari alokasi waktu. Jika kamu bisa mengatur 20% waktu tersebut maka hasilnya akan luar biasa. Sehingga, kamu tidak perlu untuk sibuk.

4. Tidak bisa membuat prioritas
Kesibukan bisa membuatmu tidak membuat daftar urutan prioritas. Alasannya adalah ketika kamu sibuk kamu berpikir bahwa semuanya harus diselesaikan dengan segera. Kamu menjadi kebingungan mana yang harus diseleikan terlebih dahulu dan mana yang harus ditunda untuk sementara.

5. Mengabaikan masalah yang ada sekarang
Terlalu sibuk bisa mengalihkan fokus kamu terhadap masalah yang ada sekarang. Sibuk bisa sangat bagus untuk produktivitas tetapi sangat tidak sehat. Dengan kesibukan, masalah yang seharusnya dihadapi bisa jadi menumpuk di belakang.

6. Sibuk bisa memaksamu harus multitasking
Multitasking merupakan aktivitas yang dibenci oleh otak. Bahkan bisa merusak otak hingga 40%. Melakukan aktivitas dalam satu waktu juga bisa membuatmu terdistraksi atau cepat terganggu. Lebih baik tugas diselesaikan satu per satu.

7. Bisa lupa terhadap diri sendiri
Kesibukan bisa membuat lupa terhadap diri sendiri. Akibat kesibukan yang menggunung, kamu bisa jadi lupa untuk mengembangkan diri sendiri. Kamu lupa bagaimana mengapresiasi diri sendiri.

8. Mimpi menjadi semakin kabur
Ketika kamu sibuk, kamu lupa akan visimu di masa depan. Kesibukan bisa membuat melenakan mengapa kamu melakukan tugas tersebut. Lebih parahnya lagi, kesibukan bisa membuat mimpimu semakin jauh dari kenyataan.

9. Sibuk membuat kamu lupa untuk mencintai diri sendiri
Kesibukan yang banyak bisa membuatmu lupa untuk menikmati liburan. Padahal untuk mencintai diri sendiri merupakan sebuah kewajiban.

10. Tidak mempunyai waktu luang
Orang-orang sukses selalu mempunyai waktu luang untuk melakukan hal-hal yang tidak diperlukan. Bahkan beberapa CEO benar-benar meluangkan waktu untuk tidak memikirkan perusahaannya untuk sementara waktu.

11. Ketika kamu sibuk, kamu akan menyamakan antara kesabaran dengan sebuah kepuasan
Hal-hal besar membutuhkan waktu dan usaha. Bahkan memakan waktu yang lebih lama. Kesabaran bukan berarti kamu tidak melihat progres yang berlangsung. Akan tetapi, semakin kamu bergerak juga belum tentu menjamin kamu semakin dekat dengan pencapaian. Jadi mengalirlah saja.

12. Membuat kamu semakin tidak konsisten
Semakin kamu sibuk, kamu semakin terburu-buru dengan tujuan yang diharapkan. Hal ini bisa mengakibatkan tidak konsisten dengan prosesnya.

13. Kamu tidak ada waktu untuk berpikir ketika sibuk
Karena banyaknya informasi kamu bisa kehilangan waktu untuk memikirkannya karena terlalu sibuk. Untuk berpikir jernih membutuhkan skill dan tidak bisa diganggu dengan kegiatan lain.

14. Lupa batasan kerja
Ketika sibuk, kamu akan terpicu untuk melakukan yang bukan bagianmu. Misalnya saja kamu bisa membuka e-mail, update status, atau angkat telepon dalam waktu yang bersamaan. Hal ini menjadi sangat tidak efektif karena distraksi yang tinggi.

15. Menghilangkan kemampuan yang potensial
Kesibukan bisa membunuh ide baru. Hal ini bisa menghalangimu untuk menunjukkan potensial yang kamu miliki. Untuk menemukan inovasi, memberlukan waktu senggang bukan kesibukan yang padat.

16. Teman-teman kamu merasa dijauhi
Salah satu risiko terbesar dari kesibukan tinggi adalah kehilangan teman atau sahabat. Kesibukan bisa menghalangi kamu untuk berkomunikasi dengan mereka. Kemudian, mereka merasa jauh dan jenuh dengan kamu.

17. Membuat kamu lebih emosional
Sibuk membuat kamu tidak fokus terhadap satu hal. Pikiran kamu bisa dengan mudahnya terpecah. Hal ini bisa membuat kamu lebih emosional karena fisik dan otak tidak sinkron.

18. Banyak orang yang tidak ingin satu tim dengan kamu
Gerakan kamu yang super sibuk membuat orang-orang menjauhi kamu. Mereka tidak ingin menjalankan proyek atau tugas dengan ritme yang paling cepat. Terlebih lagi, ukuran mereka adalah efisiensi bukan kesibukan.

19. Terlalu sibuk bisa melenyapkan mimpimu
Mimpi merupakan energi untuk melangkah. Akan tetapi kesibukan bisa membunuh mimpimu. Berhati-hatilah dengan yang namanya kesibukan.

20. Kesibukan bisa membahayakan kesehatan
Terlalu sibuk bisa berakibat buruk bagi tubuh. Ritme metabolisme tubuh bisa terganggu karena tingginya aktivitas. Bahkan kesibukan juga bisa memicu penyakit kronis. Kesehatanmu lho!

21. Kesibukan bisa lupakan niat atau tujuan awal
Ketika kamu terlalu sibuk, kamu bisa lupa niat awal kenapa kamu melakukan sesuatu. Hal ini bisa sangat bahaya untuk tujuan jangka panjang. Sebelum kamu terlalu sibuk, selalu ingatlah tujuan awalmu.

Gimana? Kamu masih mau jadi orang sibuk dengan seabrek kegiatan tiap saat?

Logo sobri

Punya Event Sekolah
Yang Keren?

Isi 10 Pertanyaan Ini Dan Kami
Akan Carikan Sponsor Untukmu

Mulai Sekarang




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more