Brilio.net - Sangat gampang untuk tahu apakah seseorang sedang bahagia atau tidak. Mau tahu caranya? Tinggal lihat saja timeline di jaringan media sosialmu. Melalui statusnya, seseorang bisa ditebak apakah dia sedang terbawa perasaan (baper) alias galau, biasa-biasa aja, atau kelewat bahagia.

Tapi anehnya, populasi orang galau di dunia maya kini mengungguli jumlah orang yang bahagia. Tapi, orang yang selalu bahagia juga masih saja terus eksis.

Dikutip brilio.net dari lifehack, Senin (5/10), inilah 20 rahasia yang bisa bikin kamu tetap betah untuk merasa bahagia:

1. Mengatur ekspektasi
Perbedaan antara ekspektasi dan kenyataan merupakan penyebab utama orang tidak bisa bahagia. Untuk mengakalinya, kaum yang selalu bahagia ini mempunyai dua rencana. Yaitu berharap yang terbaik dan selalu siap dengan kenyataan terburuk.

2. Jangan membuat standar yang terlalu tinggi
Mereka selalu terbuka dengan ketidaksempurnaan. Bahkan kelompok ini juga menerima bahwa mereka tidak sempurna. Makanya, mereka tidak perlu menjadi perfeksionis dengan standar yang tinggi. Kamu bisa seperti ini?

3. Jangan menelan mentah-mentah semua hal
Ini diartikan bahwa rasa bahagia harus dirasakan dalam semua suasana. Kebahagiaan selalu berhubungan dengan rasa cukup dengan semua hal yang diberikan. Jika seseorang tidak bisa mempertahankan hal tersebut, maka kebahagiaan juga akan hilang.

4. Ingat, uang tidak selalu menjadi sumber kebahagiaan!
Hubungan antara uang dan kebahagiaan merupakan perdebatan klasik. Akan tetapi, uang bukanlah alasan mutlak untuk kamu anggap sebagai ukuran kebahagiaanmu.

5. Jangan mengkhawatirkan hal-hal kecil
Jika kamu ingin bahagia, jangan membuang waktu hanya untuk permasalahan kecil. Hal-hal negatif yang paling kecil pun harus kamu hindari.

6. Jangan egois
Sebelum memperhatikan kebutuhan orang lain, biasanya kamu yang sedang bahagia cuma memenuhi kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu. Jangan segan berbagi dengan orang lain ya!

7. Bersyukur dengan hal-hal yang kecil
Orang yang selalu bahagia selalu menikmati hal-hal yang kecil. Sebagai contoh, kamu bisa menikmati bau hujan, aroma bunga mawar, atau sinar matahari. Bahagia itu sederhana bukan?

8. Mampu beradaptasi
Jika ingin bahagia, kamu harus siap dengan segala perubahan. Kamu mau tak mau dituntut menghadapi situasi yang baru tiap harinya.

9. Mempunyai timing tersendiri
Orang-orang yang selalu bahagia tidak terburu-buru dalam hidupnya. Mereka menjalani hidup sesuai dengan jadwal mereka sendiri, tidak terpengaruh oleh orang lain. Kamu harus bisa ya!

10. Menyukai eksperimen
Melakukan hal-hal baru, merasakan pengalaman yang berbeda merupakan ciri khas orang yang selalu bahagia. Kamu jangan sampai malu untuk menguji diri dengan tantangan-tantangan yang baru.

2 dari 2 halaman



11. Memiliki perspektif yang berbeda
Dalam melihat situasi atau keadaan tertentu, orang yang selalu bahagia memiliki sudut pandang yang unik. Bisa jadi, mereka mempunyai lebih dari satu sudut pandang dalam melihat suatu hal. Bagaimana dengan perspektifmu sendiri?

12. Selalu mengambil hikmah
Setiap sisi kehidupan yang dijalani pribadi yang dewasa, akan selalu mencoba mencari pelajaran apa yang bisa dipetik. Kamu harus sabar dan ikhlas jika mendapatkan masalah besar.

13. Punya rencana
Mereka berjalan dengan suatu tujuan yang nyata. Bahkan mereka juga menyiapkan rencana cadangan jika terjadi sebuah hambatan. Dalam hal ini, kamu harus punya rencana hidup yang tertata.

14. Selalu respek
Menghormati apapun dan siapapun merupakan kunci agar kamu selalu bahagia.

15. Selalu melihat peluang
Dalam keadaan apapun, jika kamu ingin bahagia, carilah sebuah peluang. Setiap keadaan selalu melahirkan jendela baru. Cobalah untuk mencarinya.

16. Ingin berkembang
Lakukanlah apapun untuk meningkatkan kemampuan diri kamu. Cobalah untuk selalu berkembang dalam situasi apapun jika ingin selalu bahagia.
 
17. Tidak usah terlalu serius
Orang-orang yang selalu bahagia bahkan bisa menertawakan kesalahan mereka. Cobalah jalani hidup ini dengan santai.

18. Hidup di saat sekarang
Mereka tidak hidup untuk besok atau di masa depan. Setiap harinya merupakan jalan baru. Jika ingin selalu bahagia, hiduplah hanya untuk saat ini. Bukan untuk satu atau dua jam dari sekarang, tapi sekarang.

19. Mereka selalu bilang 'ya'
Orang-orang yang selalu bahagia selalu terbuka untuk mengatakan 'ya' terhadap peluang baru.

20. Sadar diri
Jika ingin selalu bahagia, cobalah untuk memahami betul tentang diri kamu sendiri. Kuncinya, kamu harus selalu sadar apa yang kamu lakukan. Bahkan kamu juga harus sadar apa yang pikirkan. Jika ada sesuatu yang menghambat, lebih baik langsung diselesaikan.