Brilio.net - iPhone kini jadi salah satu smartphone yang laris di pasaran, tak terkecuali di Indonesia. Selain dilengkapi fitur yang mumpuni, nama besar Apple diyakini menjadi alasan utama seseorang lebih memilih iPhone ketimbang ponsel lain dengan spesifikasi yang sama. Harga yang mahal pun seolah bukan menjadi penghalang bagi masyarakat untuk dapat memiliki ponsel canggih ini.

Kendati demikian, tidak ada jaminan seorang pengguna iPhone mampu memanfaatkan seluruh kecanggihan yang tersemat di dalamnya. Faktanya, ada banyak pengguna iPhone ternyata tak begitu paham fitur-fitur canggih pada ponsel ini. Malu dong, bisanya cuma gaya doang, ya kan?

Nah, jika kamu termasuk pengguna iPhone, ada baiknya kamu tahu tips dan trik berikut ini. Dikutip brilio.net dari answers, Selasa (24/11), ini 16 trik rahasia iPhone yang wajib kamu ketahui. Pelajari ya!

1. Tombol kamera

foto: dose.com

Buru-buru ambil foto? Saat kamera sudah terbuka, tekan tombol volume up dua kali. Kamu juga memanfaatkan fitur ini dengan handfree iPhone.

2. Melatih Siri

foto: dose.com

Kamu bisa melatih Siri untuk mengucapkan sebuah kata tertentu dengan mengatakan, "That's not how you pronounce _______". Dia akan memberikan opsi alternatifnya.

3. Mengambil foto banyak

foto: dose.com

Kamera pada iPhone dapat mengambil beberapa foto dalam satu tekan. Caranya, tekan dan tahan tombol kamera. Maka ponsel secara otomatis akan mengambil beberapa foto seri dalam satu waktu.

4. Timestamp

foto: cultomac.com

Untuk melihat waktu kapan pesan dikirim atau diterima, geser layar ke arah kiri, maka akan muncul waktunya.

5. Sebagai waterpass

foto: macrumors.com

iPhone juga bisa difungsikan sebagai waterpass. Caranya, buka aplikasi kompas lalu geser layar ke arah kiri. Maka akan muncul derajat kemiringan permukaan.

6. Mengisi daya dengan cepat

foto: techjournal.com

Agar proses mengisi baterai lebih cepat, aktifkan "Airplane Mode".

7. Notifikasi LED Flash

foto: dose.com

Notifikasi getar atau bunyi kadang mengganggu. Alternatifnya, kamu bisa mengaktifkan notifikasi dengan LED Flash. Caranya, masuk menu Settings > General > Accessibility, lalu nyalakan "LED Flash for Alerts."

8. Music Timer

foto: dose.com

Jika kamu tipe orang yang suka mendengarkan musik sebelum tidur, jangan lupa untuk mengatur timer agar musik mati secara otomatis. Caranya, buka aplikasi jam, pilih tombol Timer dan atur durasinya. Lalu, klik "When Timer Ends," scroll ke bawah dan pilih "Stop Playing."

9. Password dengan huruf

foto: dose.com

Password dengan angka mungkin sudah biasa. Kamu juga bisa mengatur password dengan kombinasi huruf dan angka. Caranya,  masuk menu Settings > General > Passcode Lock, lalu matikan "Simple Passcode."

10. Airplane Above

foto: dose.com

Kamu penasaran apakah ada pesawat yang melintas di atasmu? Tanyakan saja kepada Siri dengan mengucapkan kalimat "What flights are overhead?" Dia nantinya akan menunjukkan informasi penerbangan seperti nomor penerbangan, ketinggian, serta sudutnya.

(brl/gib)