Brilio.net - Selain menggunakan kendaraan pribadi, untuk beraktivitas di luar ruangan, seperti misalnya berangkat ke kantor, beraktivitas di kampus, ketemu teman, atau hanya sekedar nongkrong di mal dan nonton di bioskop, kebanyakan orang di kota besar biasanya tetap menggunakan transportasi umum seperti angkot. Atau jika bosan, orang-orang kini juga bisa memilih alternatif transportasi lainnya. Seperti ojek, TransJakarta, metromini, hingga bajaj sekalipun.

Nah, kalau ngomongin angkot, tahu dong gimana kelakuan para sopir angkot kalau lagi di jalanan, suka ngeselin kan ya? Emang sih kalau nggak ada mereka, kita jadi kerepotan. Tapi kebanyakan dari mereka biasanya punya sifat yang aneh bin ajaib, bikin elus-elus dada sendiri, sampai pengen ngejitak juga saking kesalnya.

Berikut ini 16 kelakuan sopir angkot paling ngeselin, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/9). Kamu pernah ngalamin yang mana?

1. Kalau lagi ngetem, sumpah jago banget deh!

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Loading...

Gimana perasaan kamu ketika lagi terburu-buru, jalanan lagi macet-macetnya, eh tiba-tiba ada angkot yang main selonong boy nyalip kendaraanmu, terus ngetem di pinggir jalan tanpa rasa berdosa sekali? Begitu diklakson, eh nggak bergeming sama sekali. Yang ada cuma bikin keki! Giliran kita protes, dibilang ngalangin rezeki orang. Jadi pengen ngejitak nggak sih, kalau ketemu sopir angkot yang beginian. Reseh!

2. BBM turun tapi tarif nggak ikutan turun.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Jadi sopir angkot itu nggak gampang. Apalagi saat harga BBM yang naik turun nggak jelas, bikin kantong sopir angkot juga kembang kempis. Naikin tarif angkot kudu dilakuin biar dapur bisa terus mengebul. Tapi nggak segitu juga kali. Udah naiknya tinggi banget, begitu BBM turun, ogah dikurangin juga. Hih!

3. Nurunin penumpang buru-buru amat, kayak pit stop Formula One yang lagi ganti ban.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Kayaknya ini salah satu kebiasaan sopir angkot yang paling membahayakan deh. Kudu waspada nih! Bayangin aja, kaki belum juga nyentuh tanah, eh main langsung ngegas aja! Alasannya sih ngejar penumpang yang di ujung sana sebelum keduluan angkot lain. Ya nyari duit sih silakan aja nyari duit, tapi nggak bikin bahaya kayak gini juga dong! 

Kebayang deh, kalau ada ibu-ibu yang mau turun dengan banyak barang bawaan, bisa-bisa sukses nyium tanah tuh!

4. Demi kejar setoran, kudu balapan liar. Naluri pembalapnya keluar!

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Selain kebiasaan ngetem seenak-enak udel, di pinggir maupun di badan jalan sekalipun, ada satu lagi nih yang mesti diwaspadai dari kebiasaan jelek sopir angkot. Teknik nyetirnya itu lho, nggak kenal aturan banget deh. Jalan berlubang diterabas. Sepi dikit, tancap gas. Begitu ada mobil di depan, eh langsung ngerem mendadak. Gila! Kalau mau cari mati, jangan ngajak-ngajak dong!

5. Sopirnya emosian, cewek yang lagi PMS aja kalah.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Ini salah satu kebiasaan khas sopir angkot dimanapun deh. Emosian! Iya, sopir angkot itu pada emosian semua. Heran, kok bisa sih? Kesenggol dikit, langsung emosi tingkat tinggi. Nggak seneng dikit, eh langsung marah. Semuanya diamuk-amukin. Kalau udah emosi, lalu bikin masalah jadi besar. Kalau sudah besar, mulai deh adu otot. Bikin macet jalanan aja nih, supir angkot yang beginian. Terus nasib penumpangnya gimana dong kalau udah begini?

6. Pelanggar hukum lalu lintas sejati.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Kalau yang ini sih nggak perlu ditanyain lagi deh, udah pasti ini mah! Bahkan mungkin sudah jadi makanan sehari-hari, ya kan? Dari mulai parkir sembarangan, sok berani nyelonong pas lampu merah kalau nggak ada polisi. Coba kalau ada polisi, nyali juga ciut kalau kena tilang. Ya kan? Krik krik krik.

7. Buat yang baru sekali naik angkot, hati-hati nanti dikerjain.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Buat kamu yang baru pertama kali mencoba naik angkot, hati-hati deh kalau ketemu sopir angkot model begini. Biasanya, demi mendapatkan penumpang, sopir angkot bakal ngelakuin segala cara, termasuk menipu calon penumpangnya. Kalau udah gini ceritanya, bakalan diajak muter-muter ke sana kemari. Setelah diprotes, baru ngaku kalau nggak lewat tempat tujuan kita. Begitu mau turun, tetap saja dimintain ongkos selangit. Sedih nggak sih?

8. Mata duitannya ngalah-ngalahin istri muda, netapin harga seenak udelnya.

16 Kelakuan sopir angkot di Indonesia yang bikin elus-elus dada!

Naik angkot itu nggak kayak naik bus, harganya ditentukan sesuka hati si sopir angkot. Kalau dekat bayarnya Rp 4.000, kalau jauhan dikit ya dinaikin seenaknya saja, malah bisa dua kali lipat dari harga sesungguhnya lho. Bete!