×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan

View Image

0

BRILIO » Life

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan

Banyak buah-buahan kini jadi susah ditemukan. Kebanyakan karena memang penjual buahnya susah menemukan buah-buah tersebut di pasaran.

02 / 12 / 2015

Brilio.net - Kalau kita datang ke toko buah, kita pasti akan menemukan buah-buahan yang hampir sama jenisnya di semua toko buah. Banyak buah-buahan kini jadi susah ditemukan. Kebanyakan karena memang penjual buahnya susah menemukan buah-buah tersebut di pasaran. Juga karena buah-buah itu kalau dijual kurang diminati pasar hingga tidak disediakan.

Seperti yang diungkapkan Pak Muji, pemilik kios buah Mbak Muji di Jl. Colombo, Yogyakarta ini mengaku memang tidak menyediakan beberapa jenis buah karena selain langka juga kurang diminati orang.

"Beberapa buah memang tidak kami sediakan, selain susah nyarinya, kalau pas ada nggak ada yang nyari. Nah, kalau pas nggak ada banyak yang nyari, haha," ungkap dia pada brilio.net, Rabu (2/12).

Kira-kira buah apa saja ya yang kini banyak dirindukan? Yuk, simak 15 buah langka yang kini banyak dirindukan yang dirangkum brilio.net, Rabu (2/12).

1. Kedondong

Loading...

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: www.flickr.com

Tidak semua kios buah menyediakan kedondong. Di kota, kamu akan kesulitan untuk mencari buah ini. Menurt penuturan Pak Muji, ia memang tak menyediakannya karena peminat sedikit, tapi, tak jarang juga ada yang menanyakannya.

"Kami nggak ada kedondong, jarang yang beli, tapi ada juga sih yang nanyain," terang Muji pada brilio.net.

2. Kesemek

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: akucintanusantaraku.blogspot.com

Buah ini mirip dengan tomat bentuknya. Kesemek yang matang berwarna jingga kekuningan sampai kemerahan. Untuk menghilangkan rasa sepatnya, bisa diolesi dengan air kapur dan diperam. Buah ini sekarang nggak banyak ada lho, tidak semua kios buah juga menyediakan.

3. Murbei

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: sukabonsai.blogspot.com

Buah yang berasal dari  daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika ini sekarang nggak banyak ditemukan lho. Apalagi kalau kamu nyarinya ke supermarket atau kios buah yang nggak lengkap. Menurut Niken, pemilik kios buah Mbak Sam di Jl. Colombo, murbei memang susah ia dapat.

"Murbei itu susah nyarinya, jadi saya nggak sediain di sini," terang dia pada brilio.net.

4. Sirsak

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan

foto: kesehatan707.blogspot.com

Ada yang kangen sama buah ini? Buah ini sekarang juga nggak selalu ada lho di kios buah.

5. Mundu

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: www.kaskus.co.id

Buah mundu yang semakin langka ini sering disebut sebagai apel jawa. Kamu pernah makan buah ini? Selain dimakan sebagai buah segar, mundu juga bisa diolah sebagai selai.

6. Cempedak

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: foodnsport.com

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. Buah ini sekarang juga sulit didapat lho.

7. Kawista

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: k-globals.com

Kawista adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya.

8. Kepel

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: bangaoo.blogspot.com

Kepel atau di beberapa tempat terkenal dengan nama nam-naman adalah buah kepel yang dulunya digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Buah ini sekarang tidak banyak ditemukan.

9. Rukem

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: vandhava.wordpress.com

Kamu asing dengan nama buah ini? Buah langka ini banyak khasiatnya lho. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional yang berkhasiat untuk mengobati diare dan disentri.

10. Srikaya

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: perawatantanamanhias.blogspot.com

Selain untuk konsumsi, srikaya juga menyehatkan. Srikaya kaya akan energi makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik. Buah ini tak mudah ditemui, banyak kios buah juga tidak menyediakannya.

"Kami nggak menyediakan srikaya, buah ini musiman ya, tapi juga nggak banyak yang minat. Kalau lagi nggak ada baru nanti pada tanya," terang Niken senada dengan Pak Muji soal banyak buah yang kalau ada tidak dibeli tapi kalau nggak ada justru banyak ditanyakan.

11. Mengkudu

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: mukainternet.blogspot.com

Mengkudu atau yang dikenal dengan pace adalah buah yang sering dijadikan obat. Buah ini kini nggak sebanyak dulu, di desa-desa pohonnya juga semakin berkurang.

12. Jambu monyet

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: resepmanisan.blogspot.com

Jambu monyet sekrang nggak mudah ditemukan di pasar-pasar atau kios buah. Jambu yang rasanya asam segar ini juga menghasilkan mede yang sering dimakan bersama cokelat. Di tempatmu ada pohon jambu monyet?

13. Gandaria

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: http://antonefendy.blogspot.co.id

Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung.

14. Kemang

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan

Kemang adalah pohon buah sejenis mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis. Pohon ini berkerabat dekat dan seringkali dianggap sama dengan binjai. Kalian asing dengan buah ini? Karena memang buah ini sekarang tak banyak ditemukan.

15. Delima

15 Buah-buahan langka yang kini banyak dirindukan foto: rozitaibrahim.com

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini terdiri dari tiga macam yakni delima putih, delima merah, dan delima ungu. Menurut Niken, kiosnya tak menyediakan delima karena memang susah dicari.

"Delima itu sering susah carinya sih, jadi kita nggak menyediakan," ungkapnya pada brilio.net.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    62%

  • Ngakak!

    8%

  • Wow!

    31%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more