Brilio.net - Setiap orang pasti pernah merasa terjebak dalam kondisi rumit sehingga mengalami stres. Nah, bagaimana caranya saat sedang terimpit permasalahan, tapi tetap bisa santai sehingga bisa berpikir jernih untuk menemukan jalan keluar?

Dilansir brilio.net dari FABLEFEED, Senin (28/9), berikut caranya agar kamu tetap tenang saat sedang menghadapi situasi stres. Pelajari ya!

1. Cari bahan humor

Kalau lagi bete, ada baiknya kamu mencari hal-hal lucu, bisa baca artikel meme, menonton acara lawak atau film komedi yang memicumu untuk tertawa. Tertawa dapat menstimulasi melepaskan endorfin, yang berfungsi untuk meredakan stresmu. Dengan begitu, kamu jadi bahagia.

2. Mengetahu level temperamen pribadi

Loading...

Setiap orang memiliki level temperamen sendiri-sendiri. Dengan kamu mendaftar temperamen kamu di sebuah kertas, misalnya rasa cemas, kegelisahan, rasa bersalah, dan rasa takut, bisa menurunkan level stresmu walaupun tidak terlalu signifikan. Tapi dengan begitu, kamu bisa makin mengenali dirimu sendiri.

3. Cari pemicu stres

Cara yang dianggap jitu untuk meredakan stres adalah mencari pemicunya dan mengatasinya. Kalau suatu masalah diselesaikan dari akarnya, maka ke depannya tidak akan muncul masalah yang sama.

4. Self-esteem adalah segalanya

Self-esteem di sini adalah kapabilitas kamu untuk menghargai diri sendiri. Seringnya orang langsung mengalami self-esteem anjlok kala mendapatkan kegagalan. Padahal belum tentu apa yang dia kejar (dan akhirnya gagal dia raih) itu sesuatu yang membuatnya bahagia. Maka, untuk mengatasi stres akibat self-esteem yang terjun payung, orang harus belajar kembali percaya pada dirinya sendiri bahwa dia juga memiliki kemampuan menjadi lebih baik dari yang pernah dia alami. Kalau bukan diri sendiri yang menghargai diri, siapa lagi?

5. Menerima kesalahan diri sendiri

Kerap kali orang tak mau mengakui kesalahan diri sendiri karena gengsi. Tindakan semacam ini akan membutakan dirinya terhadap perubahan yang lebih baik. Padahal semakin dia ngeyel tidak bersalah, dia justru semakin tertekan dan terus menyalahkan diri sendiri. Maka sebaiknya, orang perlu berdamai dengan dirinya sendiri sehingga bebannya bisa terkurangi.

6. Mengambil napas adalah pelecut semangat dan kekuatan

Latihan pernapasan bagus untuk sirkulasi oksigen dalam tubuh. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan efeknya memengaruhi suasana hati yang menjadi lebih baik. Berani coba?

7. Curhat

Pernah mendengar kalimat 'banyak kepala lebih baik ketimbang satu kepala'? Nah, saat sedang menghadapi masalah, jangan berkeras menghadapinya sendiri. Ajaklah orang lain untuk berbagi, baik masalah maupun solusi. Dengan begitu, kamu tak perlu merasa sendirian.

8. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Percaya atau tidak, makanan dan minuman yang kaya nutrisi sehat dapat membantumu meredakan stres. Selanjutnya kamu akan lebih berenergi dan siap menyelesaikan akar masalah yang bikin kamu stres sendiri.

9. Relaksasi

Relaksasi berfungsi untuk meredakan ketegangan tubuhmu. Lebih jauh bisa mengatasi stres kamu. Kamu bisa menjalani yoga atau pilates. Olahraga jalan atau lari pagi juga bagus untuk meredakan stres kamu.

10. Liburan

Nah, ini. Orang butuh piknik biar tak cemberut dan stres. Liburan akan memberikan efek senang, menambah pengalaman, dan yang pasti bisa melepaskan diri dari kepenatan untuk sementara waktu.

11. Bermain game

Iya, kalau memang kamu nggak punya waktu piknik atau teman lagi sibuk, bermain game bisa mengurai stresmu untuk sementara. Tapi bagi beberapa orang yang memang suka nge-game, bisa jadi game adalah pertolongan ampuh untuk meredakan stres.

12. Refleksi diri dengan bercermin

Bercermin di sini bercermin dalam artian sebenarnya. Berdiri di depan cermin dan mencoba berpikir positif, seraya tersenyum. Yakini dirimu bisa mengatasi semua permasalahan. All is well. Cara ini disebut-sebut menjadi pemicu tersendiri karena kamu yang memegang kendali terhadap semua yang kamu lakukan. Kamu berbuat baik, buahnya pun baik, termasuk terhadap dirimu sendiri.

Siap mencoba, guys?