Brilio.net - Setiap orang pernah berbohong, setuju? Kamu juga pernah, kan? Tapi kebanyakan orang juga tak suka dibohongi, benar? Tak peduli demi alasan dan tujuan apa pun, bohong itu menyakitkan. Merasa tertipu bukan hal yang menyenangkan.

Nah, lantas bagaimana caranya kamu tahu bahwa seseorang sedang bohong sama kamu atau nggak? Sebagaimana dilansir brilio.net dari VKOOL, Selasa (10/11), berikut 11 tanda dia sedang bertipu muslihat sama kamu:

1. Mengubah posisi kepala cepat

Salah satu tips mendeteksi orang sedang berbohong atau nggak adalah perubahan posisi kepalanya. Ketika kamu terlibat pembicaraan dengan dia dan dia sering tiba-tiba mengubah posisi kepalanya, kemungkinan dia sedang berbohong. Gerakan kepala seperti menunduk, miring ke samping, dan beberapa gerakan lain secara tiba-tiba dan terlalu sering bisa jadi indikasi dia sedang menyembunyikan sesuatu dari kamu.

2. Perubahan pernapasan

Loading...

11 Sinyal tubuh dan bahasa dia lagi bohong sama kamu

Ketika napasnya tampak berat, itu artinya dia sedang berbohong. Ini tindakan refleks. Dan tentu saja, itu menghasilkan perubahan gerakan bahu dan suara karena perubahan detak jantung dan aliran darah. Secara normal, kalau seseorang dalam situasi cemas atau grogi, napasnya akan berat. Betul?

3. Tubuh terpaku

Sebenarnya, saat orang gugup, dia cenderung membuat gerakan. Tapi, kamu juga harus memerhatikan kalau seseorang sudah diam tak berkutik. Tanda ini berasal dari sistem saraf dan menunjukkan mereka ingin adanya konfrontasi atau pertentangan. Normalnya, orang akan mengobrol dengan santai dan gestur alami, tapi kalau tidak, artinya dia berbohong sama kamu.

4. Mengulangi kata-kata atau frasa

11 Sinyal tubuh dan bahasa dia lagi bohong sama kamu

Ketika seseorang mengulangi apa yang dia katakan, artinya mereka berusaha meyakinkan kamu tentang sesuatu, bahkan dirinya sendiri. Itu artinya dia sedang berbohong dan dalam kondisi tak aman sehingga harus berusaha meyakinkan kamu.

5. Memberikan terlalu banyak informasi

Saat bercakap-cakap dengan seseorang kalau dia terlalu banyak bicara detail dan hal nggak penting, artinya dia sedang menyembunyikan sesuatu dari kamu. Dia cenderung bicara banyak dengan harapan dapat meraih kepercayaanmu kepadanya.

6. Menyentuh atau menutupi mulutnya

11 Sinyal tubuh dan bahasa dia lagi bohong sama kamu

Orang yang berbohong seseorang menyentuh atau menutupi mulutnya. Ekspresi ini menunjukkan mereka nggak mau menanggapi pertanyaanmu dan nggak ingin solusi apa pun dari kamu. Singkat kata, dia nggak mau berbicara banyak sama kamu.

7. Menggerak-gerakkan kaki asal

Tindakan ini bisa jadi menunjukkan dia khawatir dan nggak nyaman. Dia ingin keluar dari situasi mengobrol denganmu dan segera enyah. Hal ini dapat dianggap sebagai salah satu cara penting mengetahui seseorang sedang berbohong padamu atau nggak. Tapi begitu, kamu juga perlu menyadari bahwa mungkin saja dia terbiasa menggerakkan kaki saat bicara.

8. Dia sulit bicara

11 Sinyal tubuh dan bahasa dia lagi bohong sama kamu

Apakah kamu pernah menonton video tentang penginterograsian seorang tersangka? Kamu bisa mendapati mereka merasa canggung dalam ekspresinya. Alira saliva selama stres ditolak oleh sistem saraf otomatis. Hasilnya, selaput lendir mulut mengering. Akhirnya dia terasa kesulitan berbicara. Selain itu, menggigit bibir atau mengerucutkan bibir juga bisa jadi menjadi pertanda dia berbohong.

9. Kontradiksi wajah

Ekspresi wajah dapat menunjukkan dengan jelas seseorang sedang berbohong atau tidak. Senyum palsu adalah sinyal bahwa ada yang dia sembunyikan dari kamu. Memangnya senyum palsu itu bagaimana? Yang jelas, senyum tulus itu menggunakan otot-otot wajah dan mengangkat pipi yang membuat sudut mata berkerut. Sementara kalau nggak seperti itu, artinya senyum palsu.

10. Kedipan mata

11 Sinyal tubuh dan bahasa dia lagi bohong sama kamu

Gerakan mata dan arahnya dapat mengungkapkan psikologis seseorang. Orang yang takut melakukan kontak mata adalah orang yang sedang berbohong. Gerakan mata seperti ke atas dan ke bawah, itu artinya dia sedang berusaha mereka-reka alasan. Berkedip terus menerus juga bisa menjadi pertanda kebohongan yang harus diperhatikan sebab menunjukkan ketegangan dalam dirinya.

11. Bercerita muluk

Saat orang berbohong, dia cenderung menceritakan hal-hal yang tak jelas dan muluk, di samping bicara berlebihan yang tak penting. Nah, untuk memverifikasi omongannya itu benar atau tidak, coba tanyakan hal mendetail dari omongannya. Kalau dia bisa menjawabnya dengan mantap, dia jujur. Namun kalau dia bingung sendiri atau ragu-ragu, kemungkinan besar dia hanya membual.

Jadi, bagaimana pendapatmu? Ada tips lain untuk mendeteksi orang sedang berbohong atau tidak?

BACA JUGA:

Ladies, kenali 12-tanda pasanganmu bohong sama kamu