Brilio.net - Pernah nggak kamu berpikir bahwa jadi cowok enak, hidupnya nggak ribet kayak cewek?. Cowok nggak perlu dandan berjam-jam cuman buat dateng ke pesta ulang tahun teman. Atau cowok nggak perlu mengalami rasa sakit karena datang bulan.

Atau juga mungkin kamu berpikir jadi cowok itu lebih seru karena bisa ketemu sama banyak orang tanpa perlu takut dipegang-pegang. Tapi tahu nggak sih, cowok juga mengalami hal-hal terberat, lho, dalam hidupnya. Nggak percaya? Mau bukti? Nih dia.

1. Harus punya rumah
Yap! Ini bener banget. Cowok dituntut harus bisa punya rumah sendiri kalo mau membangun sebuah keluarga. Memangnya kamu mau kalo diajak tinggal di rumah mertua kamu? Atau, kamu tega buat ajak anak dan istrimu buat tinggal di bawah jembatan? Nggak kan?

2. Bertambah tua
Terlepas seberapa rajin kamu merawat tubuh, berolahraga hampir setiap hari di fitness center, kamu nggak akan bisa melawan kenyataan kalau kamu pasti akan bertambah tua. Kalo sekarang kamu masih bisa ganti ban yang bocor, ato benerin genteng yang rusak, membelah kayu, tapi nanti ada saatnya kamu justru malah nggak bisa bangun dari tidur. Kekuatan dan vitalitas yang dulu kamu bangga-banggakan akan hilang seiring berjalannya waktu.

3. Ditolak cewek
Percayalah, ditolak cewek itu lebih berat ketimbang harus mengangkat berkarung-karung beras. Bahkan ada beberapa cowok yang trauma untuk berhubungan lagi hanya karena pernah ditolak cewek.

4. Kehilangan pekerjaan
Memiliki pekerjaan itu adalah suatu kebanggaan. Tapi kehilangan pekerjaan juga adalah sesuatu yang nggak bisa dihindari. Kalau hal ini benar-benar terjadi, apakah kamu bisa bangkit dan survive? Atau kamu malah bersedih mengasihani diri sendiri?

5. Menikah
Menikah bisa jadi keputusan paling berat dalam kehidupan cowok. Ada yang takut untuk berkomitmen, ada yang takut nggak bisa berumah tangga, dan segala macam ketakutan-ketakutan lainnya. Beneran deh, memutuskan untuk menikah itu nggak segampang membalikkan telapan tangan, guys!

6. Berpindah tempat
Nggak ada setiap orang yang bisa menentukan kapan dan di mana dia akan lahir, bertumbuh, bekerja, bahkan meninggal. Membuat tempat baru, belajar di kota yang baru, kadang bisa menjadi hal yang sulit. Kamu mungkin akan merasa sangat kesepian, tapi this is worth for the experiences, kok.

7. Kematian orang tua
Kematian itu bisa sangat membuat kehilangan tapi nggak bisa dihindarkan dalam hidup. Mengucapkan selamat tinggal itu adalah salah satu hal yang paling menguras emosi bagi cowok. Bayangin aja deh, bisa nggak kamu sekali aja nggak mengangkat telepon dari ibu kamu? Atau pernah nggak kamu nggak berdebat mengenai hasil pertandingan bola semalam dengan ayahmu?

8. Menjadi ayah
Apakah semua orang siap untuk jadi ayah suatu saat nanti? Kapan kamu tahu kamu bisa sudah cukup siap buat jadi ayah? Lalu apa yang mau kamu ajarkan ke anak-anak kamu? Jadi ayah itu beraaatttt, meeennnn...

9. Mengakhiri hubungan
Hubungan romantis jadi yang paling emosional buat cowok. Itu kenapa, cowok susah banget buat mutusin cewek. Yah, kecuali kalo dia emang playboy yang hobinya mainin perempuan sih. Tapi buat pria sejati, that's the hardest part of life, lho.

10. Kerja nyata
Memiliki bayangan apa yang akan kamu kerjakan setelah pendidikan selesai itu menjadi bagian yang sulit. Apalagi kesadaran kalau apa yang kamu kerjakan sekarang punya dampak besar bahkan puluhan tahun kemudian. Nggak ada yang nggak pengen sukses, tapi untuk sukses, kamu butuh ketekunan dan bertahan apapun kondisi yang akan kamu hadapi.

Good luck!