Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Oleh karena itu berat badan bertambah sedikit saja sudah bikin kelabakan terutama buat para cewek. Oleh karena itu jalan diet pun dipilih untuk menghilangkan lemak di badan.

Sayang beberapa orang banyak yang tidak mengerti esensi dari diet sebenarnya. Menurut mereka diet adalah membiarkan diri kelaparan tanpa makan sama sekali. Padahal itu salah besar. Nah biar kamu tidak terlalu dalam terjerumus oleh salah kaprah diet, mending simak di bawah ini tentang 10 kesalahan diet yang sudah brilio.net kumpulkan dari scoopwhoop, Kamis (5/11):

1. Menjauhi karbohidrat

Banyak orang diet yang kemudian memilih untuk menghindari nasi karena dianggap mengandung karbohidrat yang dapat membuat tubuh gemuk. Ini salah besar karena karbohidrat merupakan salah satu elemen penting dalam metabolisme tubuh. Perut malah akan menjadi lapar terus jika kita tak mengonsumsi karbohidrat.

2. Terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan dan buah

Memang buah dan kacang itu menyehatkan namun kamu perlu untuk memilah-milah lagi. Pasalnya ada beberapa jenis kacang dan buah yang justru memiliki kadar gula yang tinggi. Nah lho maunya diet eh yang ada malah tambah berat badannya.

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berprotein

Ya, protein memang membantu membentuk otot di tubuh. Namun jika kamu mengonsumsinya berlebihan hal itu akan berubah menjadi lemak di tubuh.

4. Hanya makan snack sehat

Kamu pasti sering tahu ada beberapa snack berprotein yang mengklaim bisa menurunkan berat badan. Nah ternyata hal itu tak sepenuhnya benar, pasalnya snack tersebut masih mengandung gula dengan jumlah tinggi dan tak benar-benar mengusir lapar.

5. Menghindari sarapan

Ini juga salah besar, pasalnya sarapan merupakan bekal awal tubuh untuk melakukan aktivitas seharian. Jika tidak sarapan tubuh akan cenderung lemah dan cepat lapar sehingga membuat kita terkadang kalap saat makan siang. Idealnya sarapan yang sehat adalah dengan roti, telur dan semangkuk buah-buahan.

6. Begadang

Tahukah kamu jika kurang tidur berakibat metabolisme tubuh melambat. Ujung-ujungnya adalah kamu akan cenderung makan lebih banyak karena sering lapar di malam hari.

7. Makan salad terus-terusan

Memang benar jika sayur dan buah itu menyehatkan dan membuat tubuh langsing. Namun patut dipertimbangkan bahwa salad tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat. Alternatif lainnya mungkin kamu bisa mengganti saladmu dengan sup sehat, sandwich atau nasi merah.

8. Makan malam terlalu awal

Ini yang sering terjadi, banyak orang menyarankan jika diet harus makan malam sebelum jam 6. Ini sah-sah saja jika kamu tidur di jam 8 atau 9. Namun jika jam tidurmu di antara pukul 22.00 hingga 24.00, ini malah akan membuatmu kelaparan sebelum tidur. Jadi lebih baik menimbang-nimbang dengan betul kesesuaian makan malam dan jam tidur.

9. Tidak ngemil

Ngemil di sini bukan berarti ngemil snack berat seperti keripik atau kentang. Namun perlu snack sehat setiap tiga sampai empat jam sekali dalam jumlah semangkuk kecil atau bisa juga mengemil buah-buahan seperti pisang.

10. Terlalu banyak minum jus buah hingga lupa minum air putih

Ini salah besar. Memang jus buah menyehatkan namun jangan sampai melupakan air putih. Pasalnya air putih membantu mengatur pola makan. Selain itu minum dua gelas air putih dapat mengurangi asupan 90 kalori.

(brl/swh)

(brl/swh)