Brilio.net - Guys, diet itu bukan hanya soal menurunkan berat badan, lho. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diet itu adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan, biasanya atas petunjuk dokter. Jadi, lebih kepada pola makan sehat.

Perlu kamu ketahui, tidak semua bahan makanan cocok untuk setiap golongan darah. Hal itu disebabkan reaksi sel setiap golongan darah berbeda terhadap zat dari bahan makanan tertentu. Maka dari itu, diet golongan darah ini penting buat kamu.

Nah, kali ini brilio.net akan mengulas beberapa makanan yang bagus dan nggak buat kamu yang berdarah A. Pemilik golongan darah ini adalah kamu yang memiliki sistem imun tubuh dan pencernaan yang sensitif.

Berikut ini makanan yang boleh dan pantang kamu konsumsi seperti dikutip brilio.net dari drlam.com, Kamis (19/3).

Patut buat golongan darah A:

Loading...
  • Sayuran: (1) Peningkat sistem imunitas tubuh antara lain seperti bawang putih, bawang bombay, brokoli, wortel, labu, dan bayam. (2) Penyedia mineral, enzim, dan antioksidan, seperti lobak, peterseli, tempe, dan tahu. 
  • Perbanyak makan daging ayam yang 'ramah' dengan lambungmu.
  • Buah untuk menyeimbangkan struktur pembentukan jaringan otot, yaitu buah beri dan plum. Selain itu ada ceri dan nanas yang bagus untuk pencernaan. Kalian juga bisa makan lemon dan anggur. 
  • Boleh aja makan yoghurt, susu kambing, keju Mozzarella, dan keju kambing. Tapi jangan banyak-banyak supaya nggak mengganggu sistem pencernaanmu.

Pantangan buat golongan darah A:

  • Makanan yang bisa bikin pencernaan terganggu seperti paprika, minyak zaitun, kentang, ubi, singkong, kubis, tomat, kacang, terong, dan jamur.
  • Jenis daging yang bikin lambungmu bekerja ekstra antara lain daging sapi, kambing, babi, rusa, dan bebek.
  • Buah yang bikin pencernaanmu bekerja berat yaitu melon dan blewah. Selain itu juga mangga, pepaya, pisang, dan kelapa yang memang nggak bagus buat lambungmu. Ada juga yang justru bikin iritasi lambung dan menganggu penyerapan mineral, yaitu jeruk biasa dan jeruk keprok.
  • Hindari semua jenis susu dan keju di luar yang diperbolehkan di atas.

Nah, guys, mungkin bagi beberapa orang diet ini ada yang berhasil tapi nggak begitu halnya untuk menurunkan berat badan. Tapi setidaknya kamu bisa mulai mengatur ulang menu-menu makananmu supaya semua zat baik yang diperlukan tubuhmu bisa terpenuhi dengan seimbang. So, kesehatanmu juga bisa maksimal. Selamat mencoba menu baru dan sehat, ya!