Brilio.net - Lebaran sebentar lagi. Wah pasti udah nggak sabar ya buat menantikan Lebaran. Momen yang paling ditunggu-tunggu pasti seperti melaksanakan Sholat Ied berjamaah, berkumpul bersama keluarga dan saling memaafkan, hingga acara makan-makan.

Kamu yang udah bersiap menyambut Lebaran tentu dong udah mikir, enaknya makan apa ya? Apa harus opor ayam lagi? Bosan kan? Nah buat kalian yang bosan dengan hidangan opor ayam atau makanan khas Lebaran lainnya. Kenapa kalian nggak cobain Sego (nasi) Kikil khas Jombang?

Nasi ini konon adalah makanan kesukaan mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, jadi nasi ini cukup melegenda lho guys. Dan nggak boleh dilewatkan kalau kamu berkunjung atau sekedar melewati Jombang.

Terus buat kalian yang jauh dari Jombang gimana? Tenang, kali ini, Selasa (5/7) brilio.net bakalan ngasih kalian resep buat bikin nasi kikil ini, biar nggak usah jauh-jauh pergi ke Jombang! Yuk simak bareng-bareng!

Bahan:
- 1/2 kg kikil
- 1 sendok teh ketumbar bubuk
- 2 ons nangka muda, rebus
- 2 sendok teh garam
- 3 sendok teh gula pasir
- 4 lembar daun salam
- 5 cm jahe, memarkan
- 5 cm lengkuas, memarkan
- 5 lembar daun jeruk
- 900 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Siapkan juga bumbu halus seperti:
- 4 siung bawang putih
- 5 butir kenari
- 7 butir bawang merah

Cara membuat:
1. Cuci bersih kikil yang akan kamu bikin untuk sayur lodeh sampai bersih, lalu potong-potong sesuai dengan selera
2. Rebus santan bersama gula, daun salam, ketumbar, sisa daun jeruk serta lengkuas juga bumbu halus. Aduk hingga tercampur rata.
3. Tambahkan juga nangka dan masak hingga mendidih. Kemudian masukan kikil serta masak hingga matang.
4. Angkat dan disajikan di mangkuk bersama pelengkap lainnya (bawang goreng jika ada)
5. Lodeh kikil siap disantap bersama dengan nasi putih yang masih hangat.

Akan lebih nikmat dan sedap lagi kalau kamu makannya diatas daun pisang. Kamu juga bisa menambahkan Iwak peyek yang juga merupakan makanan khas dari Jombang.

Selamat berkreasi!