Brilio.net - Salah satu yang khas dari Surabaya adalah ayam penyet. Kalau kamu sedang mengunjungi Surabaya, tak ada salahnya untuk berburu kuliner yang satu ini. Ayam gorengnya yang khas dan sambalnya yang pedas membahana bikin kamu ingin mencicipnya lagi dan lagi.

Kalau kamu sedang tidak berada di sana, kamu bisa membuat sendiri ayam penyet yang khas dari Surabaya tersebut, lho. Tak hanya mudah, bahannya pun mudah kamu dapatkan di pasar tradisional, atau di supermarket terdekat. Tak hanya itu, menu ayam penyet ini juga cocok kamu jadikan menu berbuka puasa. Penasaran seperti apa?

Yuk intip resepnya yang telah brilio.net himpun dari resepnona.com, Selasa (7/6).

Bahan yang kamu butuhkan:

1 kg ayam segar, jangan lupa untuk dipotong menjadi 8 ya.
2 batang serai, lalu digeprek.
2 cm jahe, juga digeprek.
2 ruas lengkuas, digeprek juga.
2 lembar daun salam.
2 sendok makan air jeruk nipis.
2 sendok makan cuka.
1 sendok makan garam.
Minyak goreng secukupnya.
Air secukupnya.

Ini bahan bumbu ayam penyet yang dihaluskan:

10 siung bawang putih.
6 butir kemiri, sangrai.
4 siung bawang merah.
1 sendok makan garam.

Untuk sambalnya:

10 buah cabe rawit.
6 buah cabe merah.
3 siung bawang putih.
2 buah tomat.
1 sendok teh terasi goreng atau bakar.
Garam dan gula secukupnya.
(Semua bahan sambalnya jangan lupa digoreng hingga harum ya, lalu dihaluskan dengan cara diulek, dan juga ditambahkan garam dan gula sesuai seleramu.)

Nah, cara membuat ayam penyetnya:

1. Pertama kamu melumuri ayam yang telah dicuci bersih dengan perasan air jeruk nipis, cuka, dan garam selama 15 menit. Kemudian cuci lagi ayam hingga bersih, lalu tiriskan.
2. Kedua, rebus air secukupnya, bersamaan dengan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya, lalu masukkan potongan ayam, lengkuas, serai, dan daun salam, masak hingga mendidih dan ayam menjadi lunak atau matang, angkat kemudian tiriskan.
3. Langkah selanjutnya, panaskan minyak goreng, lalu jangan lupa untuk goreng ayam yang telah direbus tadi hingga matang dan berubah warana menjadi kecoklatan.
4. Setelah matang dan diangkat, taruh ayam di atas cobek, lalu tekan atau penyet ayam tersebut menggunakan ulekan yang telah dicampur dengan sambal terasi di atas cobek.
5. Ayam penyet Surabaya ala kamu, siap dihidangkan. Gampang banget, kan?