Brilio.net - Selain alam dan budaya, kekayaan berikutnya yang dimiliki negeri ini adalah kuliner. Ya, hampir setiap tempat di Indonesia memiliki kuliner khas yang enak. Meski kuliner Indonesia jumlahnya banyak, namun pada kenyataannya keberadaan beberapa kuliner tradisional saat ini mulai tersisihkan dengan kehadiran makanan cepat saji dan moderen. Misalnya saja kuliner khas Betawi yang sudah sulit dijumpai.

Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/5), berikut 7 kuliner khas Betawi yang kini makin sulit dijumpai:

1. Sayur Babanci.

foto: istimewa

Sayur Babanci adalah makanan khas Betawi yang selalu hadir dalam acara-acara khusus masyarakat Betawi. Terbuat dari sayuran, daging sapi, daging kelapa muda dan petai serta kuah pedas, maknaan ini sangat nendang di lidah. Namun sayangnya, kini makanan tersebut sudah sulit dijumpai.

2. Selendang Mayang.

foto: akumassa.org

Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Selendang Mayang adalah jajanan khas Betawi yang kini sulit ditemukan. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga lho.

3. Pecak Lele.

foto: istimewa

Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki cita rasa yang unik lho. Jika biasanya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

4. Sayur Gabus Pucung.

foto: istimewa

Sama dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Nah, rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah embuk daging ikan gabusnya.

Enak banget ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Nasi Ulam.

foto: istimewa

Kalau sebagian besar dari kamu hanya mengenal nasi goreng, maka harus mencoba nasi ulam khas Betawi ini. Bahan dasarnya tentu nasi, namun nasinya dikukus bersama rempah-rempah seperti daun salam, serai dan lengkuas. Setelah serundeng akan dicampurkan dengan nasih yang telah dikukus. Lezat!

6. Laksa Betawi

foto: istimewa

Laksa Betawi adalah jenis hidangan seperti mi. Biasanya laksa terdiri dari mi gandum atau bihun. Dengan kuah kaldu yang dilengkapi sayuran, tauge, daun kemangi dan telur ini maka Laksa makin nikmat dihidangankan saat sarapan atau makan malam.

7. Soto Tangkar.

foto : istimewa

Pecinta soto harus coba jenis soto tangkar khas Betawi. Berbeda dengan soto lainnya yang biasanya hanya menggunakan daging ayam atau daging sapi, maka soto tangkar menggunakan iga sapi. Rasa yang gurih dengan campuran rempah-rempah membuat soto ini banyak dicari. Namun kenyataannya kini soto ini cukup sulit untuk ditemui.

Ketujuh makanan khas Betawi ini membuktikan bahwa Indonesia kaya akan kuliner lezat ya. Semoga kuliner khas daerah tidak tersisihkan dengan banyaknya menu makanan moderen. Sesekali kamu juga jangan lupa luangkan waktu untuk mencicipi kuliner khas Betawi tersebut.