Brilio.net - Bicara soal kuliner Indonesia yang beragam dan menggugah selera memang nggak akan ada habisnya. Sebut saja rendang dan nasi goreng atau sate yang sudah dikenal mendunia, bahkan tempe yang juga menjadi makanan dari Indonesia yang digemari orang dari negara lain lho. Wah.

Nah di antara beragamnya makanan Indonesia nih, adapun makanan khas negeri kita dengan nama-nama yang unik dan ear catchy ketika diperdengarkan, yang tentunya menambah khazanah kuliner kita. Brilio.net, Jumat (30/9) sudah mengumpulkan 10 makanan Indonesia memiliki nama unik nih, Sobat Brilio! Yuk simak di bawah ini!

1. Kue Cubit.

nama makanan unik Istimewa

foto: youtube

Dinamakan kue cubit karena pada saat matang, kue ini diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang. Kue cubit awalnya merupakan jajanan populer di Jakarta, yang dulunya hanya menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Kini seiring dengan perkembangan zaman, mulai banyak varian rasa kue cubit.

2. Sate Kere.

nama makanan unik Istimewa

foto: panganansolo.com

Sate khas Solo ini mendapat nama kere yang artinya miskin atau gelandangan karena di zaman dahulu, sate adalah salah satu makanan termewah yang hanya bisa disantap oleh kalangan menengah ke atas. Dan orang-orang di kalangan bawah melakukan "perlawanan" dengan membuat sate versi mereka sendiri yang terbuat dari tempe gambus atau jeroan sapi seperti paru atau usus sapi yang menyerupai sate daging asli. Cara inilah yang menjadi daya tarik bagi kalangan bawah untuk menikmati sate yang kemudian melahirkan sate kere atau satenya orang miskin. Saat ini sate kere bisa dinikmati semua kalangan lho.

3. Tahu Gimbal.

nama makanan unik Istimewa

foto: hellotummy

Tahu gimbal adalah makanan khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong,taoge, telur, dan gimbal atau sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Rasanya maknyus banget deh Sobat Brilio!

4. Kue Ketawa.

nama makanan unik Istimewa

foto: resepkulinerindo

Kue ketawa ini adalah salah satu varian dari onde-onde. Namun bedanya kue ini bertekstur kering dan renyah. Dan bentuknya pun bukan bulat melainkan pecah dan merekah sehingga disebut sebagai kue ketawa.

5. Rondho Royal.

nama makanan unik Istimewa

foto: jajalkuliner

Rondho dalam bahasa Jawa artinya adalah janda. Namun rondho royal sendiri adalah makanan yang berasal dari tape yang digoreng dengan tepung. Dulunya Rondho Royal ini merupakan masakan kelas bawah yang kini sudah menjadi makanan kafe dan restoran lho. Wow!

6. Nasi Kucing.

nama makanan unik Istimewa

foto: pinterest

Bagi warga Yogyakarta dan Solo pasti sudah familiar dengan nasi kucing ya. Eh tapi nasi ini bukan berarti menggunakan kucing sebagai lauknya lho. Tapi nasi yang biasanya dibungkus dengan daun pisang ini porsinya sama "seperti" porsi makan kucing.

7. Otak-otak.

nama makanan unik Istimewa

foto: lowyat.com

Nah, jangan berfikir yang nggak-nggak dulu ya. Otak-otak ini sungguh bukan olahan "otak" yang sebenarnya. Makanan berbahan dasar ikan tenggiri dan dibungkus daun pisang.

8. Rawon Setan.

nama makanan unik Istimewa

foto: infomakan

Rawon ini sebenarnya sama dengan rawon yang lainnya, yaitu makanan dengan kuah daging sapi berwarna hitam pekat dengan bumbu kluwak lengkap dengan nasi putihnya. Namun yang membedakan adalah tingkat kepedasan sambalnya. Yang katanya kayak setan. Maka dari itu dinamai dengan Rawon Setan. Rawon ini bisa kamu temukan di Jalan Embong Malang, seberang Hotel JW Marriot Surabaya.

9. Pempek Kapal Selam.

nama makanan unik Istimewa

foto: sarihusada.co.id

Nggak diragukan lagi, memang orang Indonesia itu kreatif-kreatif bahkan ada yang nemuin pempek kapal selam juga. Yup, Pempek sebagai salah satu makanan khas Palembang yang sangat populer, memiliki beragam jenis. Salah satunya Pempek Kapal Selam ini. Menurut sejumlah pedagang pempek di Palembang, penamaannya merujuk pada bentuknya yang besar dan saat digoreng dalam minyak mirip kapal selam.

10. Kuku Macan.

nama makanan unik Istimewa

foto: Indowanita.com

Jangan takut dulu dengar namanya deh Sobat Brilio, ini bukan kuku macan dalam arti yang sebenarnya kok. Kuku macan merupakan makanan semacam kerupuk khas Balikpapan. Dinamakan kuku macan karena bentuknya yang bulat-bulat meruncing seperti harimau.

Sepuluh makanan dengan nama unik rekomendasi Brilio di atas termasuk kekayaan khazanah budaya Indonesia di bidang kuliner yang bisa #BikinKerenIndonesia dong tentunya. Kamu juga bisa kok simak cerita-cerita lainnya tentang kekayaan bangsa Indonesia yang keren-keren, mulai dari sosok-sosoknya, kuliner, wisata alam dan masih banyak lagi di sini, Sobat Brilio!