1. My Roommate Is A Gumiho (2021).

drama Korea mitologi lokal berbagai sumber

foto: imdb.com

My Roommate is Gumiho merupakan rekomendasi drama Korea tentang mitologi lokal yang yang diyakini masyarakat Korea dan sudah melegenda. Drama ini diadaptasi dari cerita webtoon dengan judul yang sama dan mencoba kembali menghadirkan legenda tersebut dalam versi modern yang menceritakan kisah romantis Shin Woo-Yeo, rubah berekor sembilan yang sudah hidup selama 999 tahun dan ingin menjadi manusia.

Shin Woo-Yeo kemudian bertemu dengan Lee Dam, seorang mahasiswa yang tidak sengaja menelan manik-manik Woo-Yeo dalam sebuah kecelakaan. Hal itu kemudian menjadi masalah dan mereka pun harus tinggal dalam satu rumah untuk memecahkan masalah tersebut. Sejak mereka tinggal bersama, kisah cinta antara dua makhluk ini pun dimulai.

2. Tale of the Nine Tailed (2020).

drama Korea mitologi lokal berbagai sumber

foto: imdb.com

Tale of the Nine Tailed merupakan rekomendasi drama Korea tentang mitologi lokal tentang seekor rubah berekor sembilan "gumiho" yang telah menetap di kota. Dialah Lee Yeon (Lee Dong-wook), seekor rubah sembilan legendaris yang hidup pada masa modern. Sementara itu, Nam Ji-ah (Jo Bo-ah), seorang produser televisi perempuan sedang mengejarnya. Gumiho tersebut pernah menjadi penjaga dan dewa Pegunungan Baekdu.

3. A Korean Odyssey (2017).

drama Korea mitologi lokal berbagai sumber

foto: imdb.com

A Korean Odyssey merupakan rekomendasi drama Korea tentang mitologi lokal yang mengisahkan saat Song Ogong (Lee Seung-gi) melarikan diri dari gunung marmer, tempat ia terjebak hukuman dari surga, Jin Seon-mi (Oh Yeon-so) mendapat takdir dari Sam-Jang (seseorang yang diinginkan oleh arwah). Satu-satunya hal yang membuat Seon-mi aman dan menghentikan Ogong yang mau memakannya adalah membuat kontrak dengan makhluk tersebut. Seon-mi kemudian membuat Ogong memakai gelang ajaib yang disebut Geumganggo yang kemudian membuatnya semakin jatuh cinta pada Seon-mi.

Walaupun awalnya hubungan mereka adalah hubungan yang berbahaya, akhirnya Seon-mi pun jatuh cinta kepada Ogong dan menjalin hubungan romantis. Namun, bahaya kemudian mengancam jika gelang yang dipakai Ogong lepas atau bahkan hilang.

4. Legend of the Blue Sea (2016-2017).

drama Korea mitologi lokal berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Blue Sea merupakan rekomendasi drama Korea tentang mitologi lokal yang menceritakan kisah cinta Shim Cheong (Jun Ji-hyun), putri duyung, dan Heo Joon-jae (Lee Min-ho), yang dikenal sebagai penipu yang cerdas. Drama ini mengisahkan kelahiran kembali kedua karakter tersebut sebagai kisah paralel inkarnasi era Joseon mereka sebagai Se-hwa seorang putri duyung dan Kim Dam-ryeong yang menjabat sebagai kepala kota. Dengan alur maju mundur, drama romantis ini berhasil membius para penontonnya dengan berbagai kisah romantis di dua alam yang berbeda.

5. Gu Family Book (2013).

drama Korea mitologi lokal berbagai sumber

foto: imdb.com

Gu Family Book merupakan rekomendasi drama Korea tentang mitologi lokal yang menceritakan Choi Kang-chi, makhluk setengah manusia dan setengah mitos yang diadopsi oleh penguasa Hundred Years Inn. Dia adalah putra Gu Wol-ryung, roh penjaga Gunung Jiri, dan manusia Yoon Seo-hwa. Sementara itu, Dam Yeo-wol adalah ahli seni bela diri dan putri pemimpin organisasi rahasia yang melindungi wilayah tersebut. Dia dikirim ke Hundred Years Inn untuk mengamati dan melindungi tuannya.

Mereka bertemu di Hundred Years Inn, penginapan paling populer di wilayah tersebut, dan saling jatuh cinta meskipun Choi Kang-chi setengah manusia. Ketika terjadi kekacauan, Choi Kang-chi mengatur dirinya kembali untuk bisa tetap hidup. Di sisi lain, Dam Yeo-wol memastikan bahwa sisi lain dari Kang-chi yang berupa makhluk setengah mitos dipastikan tidak mendapatkan hal terbaik dari dalam tubuh yang menampungnya selama ini.

(brl/lin)